spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

WHO: Hindari 3C Agar Tidak Tertular Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Klaster penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia masih terus mengalami peningkatan.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes). Yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) telah melakukan riset terbarunya mengenai cara agar tidak tertular Covid-19 dengan menghindari 3C. Yakni, menghindari tempat ramai (crowded), menghindari ruangan yang tertutup (closed) dan menghindari untuk melakukan kontak secara dekat (close contact).

BACA JUGA: Hoax! Puluhan Wartawan Terkapar Setelah Divaksin Covid-19

Menurut keterangan WHO, kasus penularan virus Corona sering terjadi di tempat-tempat yang sering terjadi kerumunan, tempat bernyanyi, berbicara dengan keras dan berteriak (tempat beribadah, klub malam, kantor, restoran, tempat latihan paduan suara dan kelas kebugaran).

“Risiko tertular Covid-19 lebih tinggi di ruang yang ramai dan tidak berventilasi memadai, tempat orang yang terinfeksi menghabiskan waktu lama bersama dalam jarak yang dekat,” kata WHO seperti dikutip kontan.co.id, Minggu (28/2/2021).

Penyebaran Covid-19 akan terjadi lebih cepat melalui aerosol atau tetesan pernafasan. Oleh sebeb itu, penting untuk melakukan tindakan pencegahan dengan tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Lakukan pertemuan itu di ruangan terbuka atau di luar ruangan. Hindari berkerumun di dalam ruangan terutama ruangan yang kecil dan minim verntilasi udara,” kata WHO.

Selain itu, WHO menyarankan agar tetap memakai masker selama berada di dalam ruangan. Jika tidak memungkinkan memakai masker, jendela/ventilasi udara harus dibuka.

“Buka seluruh ventilasi udara ketika berada di dalam ruangan,” kata WHO.

Berikut beberapa tahapan memakai masker:

  1. Membersihkan tangan sebelum memakai masker serta bersihkan tangan sebelum memakainya dan sesudah memakainya dan setelah menyentuh masker.
  2. Masker harus menutupi area mulut, hidung dan dagu.
  3. Simpan masker dalam kantong plastik yang bersih ketika sudah digunakan, cuci masker (masker kain) ketika sudah dipakai, dan segera buang masker medis yang sudah digunakan ke tempat sampah.
  4. Hindari menggunakan masker dengan katup.

Selain menggunakan masker, WHO juga menyarankan agar kita selalu menjaga jarak lebih dari satu meter dengan orang lain saat berada di dalam ruangan.

“Menjaga jarak dengan orang lain sangat penting dilakukan agar tidak tertular oleh virus Corona. Terlebih jika kita ataupun orang lain sedang batuk, berbicara dan bersin. Menjaga jarak sangat penting untuk melindungi diri kita dan orang lain dari ancaman Covid-19,” tutup WHO.

(Fauza/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img