spot_img
Jumat 30 Juli 2021
spot_img
spot_img

Desa Wisata Karang Kenek Situbondo Jatim, Misteri 26 Kepala Keluarga

SITUBONDO,FOKUSJabar.id: Desa Karang Kenek, Indonesia tidak hanya dikenal dengan keragaman budaya dan keindahan alam nya sajah tetapi juga karna sebuah misteri yang terkandung di dalam nya. berbicara tentang misteri, Indonesia memiliki hal unik nan misterius yang belum terpecahkan, Salah satu nya yaitu misteri Desa Karang Kenek.

Jika mendengar fakta soal Desa Karang Kenek mungkin tidak akan ada yang bisa mempercayai peristiwa yang terjadi di desa tersebut.

Karang Kenek

Salah satu hal misterius yang terjadi di Desa Karang Kenek adalah jumlah penduduk desa yang tidak pernah bertambah, konon sejak jaman dahulu dusun ini tidak pernah bertambah jumlah Kepala keluarga yaitu hanya berjumlah 26 kepala keluarga.

Baca Juga: 5 Gunung Yang Kental Dengan Hal Mistis di Indonesia

Dari tahun ke tahun jika berfikir secara logis, mungkin hal itu tidak akan pernah terjadi rasanya, ketepatan jumlah yang berlangsung terus menerus tidak mungkin terjadi seiring bertambahnya waktu akan bermunculan keluarga baru tetapi hal lumrah seperti itu tidak terjadi di desa ini.

Tidak hanya itu, bila setiap ada keluarga baru yang muncul yang kemudian mengakibatkan jumlah Kepala Keluarga bertambah, maka akan muncul hal-hal aneh yang terjadi sehingga jumlah Kepala Keluarga di desa ini tetap berjumlah 26.

Lebih lanjut soal hal unik nan misterius desa karang kenek, berikut hal-hal yang harus diketahui mengenai desa ini. Seperti dilansir dari kanal YouTube TOP INFO.

1. 26 Kepala Keluarga Adalah Harga Mati

Karang Kenek

Lazimnya jumlah penduduk dari suatu desa akan terus bertambah dari tahun ke tahun, hal itu merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi sehingga jumlah KK pada suatu daerah akan fluktuatif tidak mungkin terhenti pada satu angka pasti, namun hal tersebut tidak terjadi di desa ini desa yang berlokasi di kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini memiliki jumlah kepala keluarga yang tidak pernah berubah, setiap tahunnya jumlah nya tetap pada angka 26 kepala keluarga bukti jika desa ini memiliki jumlah kepala keluarga yang sama adalah sensus dari tahun ke tahun yang angkanya tidak pernah berubah.

2. Tidak Bisa Memaksa Menambah Jumlah Kepala Keluarga.

Karang Kenek

Angka 26 sepertinya sudah menjadi angka yang paten di desa ini, apapun hal yang dilakukan oleh penduduk desa karang kenek dalam usaha menambah jumlah kepala keluarga, jumlah kepala keluarga di desa ini akan tetap stuck di angka 26 Kepala Keluarga.

Selain tidak bisa menambah jumlah Kepala Keluarga, di desa ini juga tidak bisa mengurangi jumlah Kepala Keluarga loh. Angkanya harus tetap di angka 26. Berbagai usaha pun telah dilakukan agar penduduk desa memiliki lebih dari 26 kepala keluarga namun hasilnya tetap sajah tidak berubah, acap kali warga berupaya untuk membentuk keluarga baru, namun hasilnya tetap nihil, dan akan terjadi sebuah peristiwa yang akan terjadi jika memaksa untuk menambah jumlah Kepala Keluarga, entah ada keluarga yang pindah,bermigrasi,atau bahkan meninggal dunia.

Pada intinya segala upaya telah dilakukan dalam upaya menambah jumlah kepala keluarga di desa ini, akan tetapi selalu mengalami kebuntuan sehingga angkanya akan terus berada di angka 26.

Begitu pula jika ada satu keluarga bermigrasi maka tidak lama kemudian akan datang keluarga lain yang menjadi penggantinya untuk mencapai angka 26 kepala keluarga.

3. Merupakan Kutukan

Karang Kenek

Penduduk desa karang kenek mengatakan hal itu merupakan kutukan, fenomena tersebut bukan hanya membuat orang dari luar desa kebingungan. Pasalnya, penduduk asli desa ini pun berfikir mengapa hal tersebut bisa terjadi. Menurut sesepuh desa karang kenek. “jumlah KK yang selalu 26 ini memang karna sebuah kutukan”

4. Warga Desa Karang Kenek Hidup Berbahagia.

Karang Kenek

Mayoritas penduduk desa karang kenek mampuh hidup mandiri meskipun sederhana. Para penduduk menyadari bahwa jika ada sesuatu yang dikurangkan namun di sisi lain akan ada sesuatu yang akan dilebihkan, meskipun desa karang kenek dianggap sebagai desa kutukan namun masyarakat desa tersebut mampu hidup berkecukupan dan bahagia.

5. Menjadi Desa Wisata.

Karang Kenek

Mitos-mitos seputar desa karang kenek tersebut sampai saat ini sudah tercium sampai ke mancanegara loh, oleh karena itu banyak sebagian orang yang menganggap bahwa desa karang kenek merupakan desa yang mistis.

Namun, dewasa ini, desa karang kenek dikenal sebagai salah satu destinasi desa wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan saat hendak berlibur ke Situbondo Jawa Timur.

Berkat keunikannya tersebut, masyarakat sekitar merasa bangga karena bisa memperkenalkan ke khalayak luas terkait tradisi yang dilakukan di desa karang kenek.

Nah, itulah beberapa hal-hal unik yang akan kita jumpai jika kita berkunjung ke Desa Karang Kenek.

Untuk sekedar informasi; sampai saat ini, keyakinan bahwa desa karang kenek hanya bisa di isi oleh 26 kepala keluarga masih dipercayai oleh warga setempat.

(Fauza/Erwin)

Artikel Lainnya

spot_img