spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ratusan Warga Purwakarta Keracunan Massal Hidangan Syukuran Khitanan

    PURWAKARTA,FOKUSJabar.id: Ratusan warga di Desa Cibingbin, Kecamatan Bojong, Purwakarta jawa barat alami keracunan massal usai menyantap hidangan makanan acara syukuran salah satu warga di wilayah tersebut.

    seperti dilansir detikcom Mereka mengeluhkan gejala yang sama seperti mual, muntah, pusing hingga diare selang beberapa jam usai menyantap makanan itu.

    “Kami selaku kepala desa turut prihatin dengan kejadian ini. Warga kami yang mengalami keracunan berjumlah 117 orang,” ujar Pjs Kepala Desa Cibingbin Enjang Kosasih di kantornya, Rabu (24/02/2021).

    Enjang mengatakan, kejadian ini berawal dari salah satu warga mengadakan syukuran khitanan di rumahnya pada Selasa (23/02), tradisi warga jika ada yang syukuran layaknya seperti orang hajatan. Ramah tamah dan hidangan makanan disajikan baik di santap di rumah yang mengadakan hajat atau diantar ke rumah warga.

    BACA JUGA: Penunggak PDAM Tirta Sukapura Bakal Berurusan dengan Kejari Tasikmalaya

    “Mulai ada laporan warga sakit itu pada pukul 16.00 WIB sampai pukul 20.00 terus bertambah dan jumlahnya mencapai ratusan. Alhamdulillah semua unsur cepat tanggap dan semua terlayani secara medis,” katanya.

    Hingga pukul 03.00 pelayanan medis terus dilakukan dan sebanyak 110 warga mengalami gejala ringan. 110 warga itu bisa kembali ke rumah masing-masing usai diberikan layanan medis, sedangkan 3 orang harus di rujuk ke puskesmas Darangdan dan 4 orang di rujuk ke puskesmas wanayasa.

    “Saya terimakasih kepada semua unsur Sudan melakukan yang terbaik. Ada tujuh orang saat ini masih dilakukan perawatan di puskesmas,” ungkapnya.

    Makanan terdiri dari nasi, sayuran dan daging. Kuat dugaan warga keracunan dari makanan tersebut. “Sample makanan sudah di bawa ke dinas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium,” pungkasnya.

    FOKUSJabar.id Purwakarta
    Ilustrasi ( Web )

    Dadan, salah satu warga yang masih di rawat di puskesmas wanayasa mengatakan, ia masih merasakan lemas dan pusing.

    “Masih lemes dan pusing. Kalau mau muntah keringat banyak banget,” katanya sambil di infus di puskesmas.

    (Nendy)

    Berita Terbaru

    spot_img