Sabtu 27 Februari 2021

Didukung KODAM III/Siliwangi, NPCI Jabar Siap Pertahankan Juara Umum Peparnas XVI

BANDUNG,FOKUSJabar.id: KODAM III/Siliwangi memberikan dukungan penuh bagi persiapan atlet disabilitas Jawa Barat untuk menghadapi gelaran Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua. Fasilitas dan sarana prasarana milik KODAM III/Siliwangi pun dipergunakan untuk pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Peparnas XVI Jabar.

“Pada dasarnya, KODAM III mendukung sepenuhnya untuk atlet-atlet NPCI Jabar ini mempersiapkan diri untuk menghadapi Peparnas XVI di Papua. Kita siapkan baik dari sisi fasilitas maupun sarana prasarana untuk bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ini untuk menjaga kehormatan Provinsi Jawa Barat,” kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meninjau pelaksanaan latihan atlet disabilitas Jabar didampingi Ketua NPCI Jabar Supriatna Gumilar di stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (23/2/2021).

Usai melihat latihan para atlet disabilitas Jabar, Pangdam III/Siliwangi cukup yakin jika NPCI Jabar bisa mencetak prestasi di ajang Peparnas XVI di Papua. Yakni dengan mempertahankan gelar juara umum Peparnas XVI.

“Saya melihat para atlet NPCI ini latihan sangat keras. Dengan semangat yang tinggi, kerja keras, dan latihan yang keras saya yakin dan optimis bisa menjaga kehormatan, nama baik dan nama besar Provinsi Jabar,” kata dia.

BACA JUGA: Tokoh Sepeda Jabar Sampaikan Harapan bagi Yudi Nugraha Lasminingrat

fokusjabar.id peparnas xvi kodam iii siliwangi npci jabar
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meninjau pelaksanaan latihan atlet disabilitas Jabar didampingi Ketua NPCI Jabar Supriatna Gumilar di stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (23/2/2021). (FOTO: Istimewa)

Sementara Ketua NPCI Jabar Supriatna Gumilar mengatakan, pelaksanaan pelatda Peparnas XVI Jabar sudah berjalan lebih dari 10 bulan setelah sebelumnya terpotong aturan PSBB ditengah pandemi Covid-19. Dukungan dari KODAM III/SIliwangi, dimana Pangda III/Siliwangi sebagai pembina NPCI Jabar, membuat semangat dan pelaksanaan pelatda bisa kembali digelar dengan aman dan sesuai standar protokol kesehatan (prokes).

“Kita memanfaatkan seluruh fasilitas milik Kodam III/Siliwangi untuk pelaksanaan pelatda Peparnas XVI Jabar. Dalam pelaksanaannya, kita menerapkan prokes dengan ketat,” kata Supriatna.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya menginapkan atlet-atlet NPCI Jabar yang masuk dalam kamp Pelatda Peparnas XVI Jabar di beberapa hotel bintang 4. Pasalnya, hotel bintang 4 menerapkan prokes yang ketat dan rutin dilakukan penyemprotan disinfectan.

“Kita pun menggelar latihan secara berjenjang atau bergantian untuk menjaga protokol jaga jarak. Juga dilakukan swab antigen setiap satu bulan sekali,” kata dia.

Setidaknya terdapat lima cabang olahraga dari total 12 cabang olahraga yang melakukan Pelatda Peparnas XVI Jabar dengan menggunakan fasilitas dan sarana prasarana milik KODAM III/Siliwangi. Yakni cabang olahraga panahan, renang, tenis meja, tenis lapangan kursi roda, serta menembak.

“Berlatih di fasilitas sarana prasarana milik KODAM III ini membuat para atlet senang, nyaman, dan aman karena melakukan penerapan prokes yang sangat ketat. Tidak semua orang bisa masuk dan menggunakan sarana latihan,” Supriatna menambahkan.

Dengan pelaksanaan latihan yang berjalan konsisten dan aman, kata Supriyatna, target mempertahankan gelar juara umum di Peparnas XVI diharapkan bisa tercapai. Selain dukungan penuh dari KODAM III/Siliwangi, Jabar pun memiliki atlet-atlet disabilitas berkualitas sehingga target yang diusung bisa tercapai.

“Harapan Pangdam III/Siliwangi untuk menjaga nama baik Jabar dengan mempertahankan gelar juara umum di Peparnas XVI menjadi sebuah kewajiban bagi kami meski mempertahankan itu lebih sulit dibandingkan merebut. Tapi kami akan terus berupaya untuk mencapai target tersebut,” Supriatna menegaskan.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Didukung KODAM III/Siliwangi, NPCI Jabar Siap Pertahankan Juara Umum Peparnas XVI 1