Jumat 5 Maret 2021

Cukup 5 Menit Sudah Bisa Membuat Blog di WordPress? Simak Caranya Berikut Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Apakah pernah terpikirkan bagaimana cara membuat blog pribadi lewat WordPress (WP)? Sebelum kesitu, ada baiknya kita mengetahui apa fungsi dari WordPress.

WordPress merupakan situs web yang menyediakan layanan pembuatan blog bagi para pengguna internet yang tertarik dengan dunia blogger, baik secara berbayar ataupun gratis.

Kembali ke pertanyaan awal, tentunya membuat blog pribadi lewat WP sangatlah mudah, kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang tersedia. Selain itu, dengan membuat blog di WP juga dapat menambah pengetahuan kita seputar dunia blogger.

Baca Juga: 10 Cara Mengecilkan PDF di PC/Laptop atau Smartphone

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat situs blog di WP simak artikel berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara membuat situs blog di WordPress

– Buka Situs WordPress.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika hendak membuat blog Melalui WP adalah dengan memasukan kata kunci “WordPress.com” di mesin pencarian Google. Lalu selanjutnya kita akan diarahkan ke tampilan antarmuka dari situs WordPress.com.

Di dalam halaman itu akan muncul sebuah tampilan.

“Selamat datang di pembuat situs web terpopuler di dunia”

wordpress

“40% web dibangun dengan WordPress. Lebih banyak bloger, usaha kecil, dan perusahaan Fortune 500 yang menggunakan WP dibandingkan dengan jumlah seluruh situs yang menggunakan platform lain. Bergabunglah dengan jutaan orang yang menjadikan WordPress.com seperti rumah sendiri”

Lalu jika kita sudah mantap akan membuat blog lewat WP, selanjutnya klik ‘Buat Situs Web Anda’.

Baca Juga: Database Kejaksaan RI Dibobol, Hacker Sebut Jokowi dan UU ITE

– Mulai Membuat Akun WordPress.

wordpress

Setelah kita klik ‘Buat Situs Web Anda’ maka langkah selanjutnya yaitu kita akan digiring untuk mulai membuat akun WP.

WordPress menyediakan beberapa cara dalam membuat akun WordPress, diantaranya, kita bisa menggunakan alamat email, Google, atau bagi pengguna Apple, bisa juga menggunakan akun Apple.

Setelah kita menautkan akun kita untuk membuat akun WP, selanjutnya isi nama, namanya bebas yaa. Mau menambahkan nama panggilan juga nggak apa-apa.

Setelah mengisi nama, kita lanjutkan untuk mulai membuat password dari situs WP yang nantinya akan kita gunakan untuk login ke situs WordPress. Pastikan juga buat password yang kuat agar tidak mudah dibobol oleh orang lain. Tapi jangan lupa juga buat password yang gampang dihafal oleh kita yaa. Biar nggak lupa.

Baca Juga: Facebook Setop Konten Berita di Australia, Kenapa?

– Memasukan Alamat dan Domain web.

wordpress

Tahap selanjutnya jika kita sudah membuat akun WordPress yaitu, kita harus mulai memasukan alamat web untuk blog yang akan kita buat. Misalnya kita akan megunakan nama ‘Kadalgurun’.

Jika kita sudah mendapatkan nama yang akan digunakan maka selanjutnya kita tinggal mengisi domain, WordPress akan menawarkan beberapa domain dari nama yang sudah kita cantumkan tersebut contohnya: fokusjabarwp.com, fokusjabarwp.id atau yang lainnya.

Namun jika kita perhatikan lebih detail lagi, Domain yang ditawarkan WordPress tersebut memiliki jangka waktu tertentu dalam artian setelah jangka waktunya habis kita akan dikenakan tarif pembayaran untuk menggunakan domain tersebut. Dan biaya yang diminta pun lumaya besar loh sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 untuk bisa kembali menggunakan domain tersebut.

Nah, pastikan kita jangan pilih domain yang ditawarkan WordPress yaa jika mau membuat blog di WordPress secara gratis.

Lalu bagaimana cara mendapatkam domain yang gratis? Tenang WordPress telah menyediakan Domain yang bisa digunakan secara gratis kok.

Caranya yaitu kita tinggal cari domain gratis lalu pilih wordpress.com

Tapi kekurangannya yaitu, jika kita membuat blog di WordPress dengan menggunakan domain yang gratis, maka pada alamat blog yang kita buat akan muncul wordpres.com.

wordpress

Misalnya seperti contoh nama situs diatas ‘fokusjabarwp’ maka jika kita menggunakan domain gratis nama situs tersebut akan menjadi, fokusjabarwp.wordpres.com hal tersebut sebagai penanda bahwa kita masih menggunakan domain gratis dari WordPress.

Baca Juga: Samsung Galaxy M02 Dirilis, Baterai Besar 5.000 mAh Dibanderol Sejutaan

– Pilih Menu Paket WordPress.

wordpress

Setelah menambahkan Domain pada situs blog yang akan kita buat, selanjutnya kita akan diarahkan untuk memilih paket yang tersedia di WordPress.

Jangan heran jika WordPress akan selalu meminta memilih layanan yang berbayar, karena itu merupakan bagian bisnis dari WordPress. Jika kita mau membuat situs kita dengan menggunakan paket layanan berbayar kita bisa mulai memilih beberapa paket layanan yang sudah disediakan.

Layanan Paket WordPress diantaranya:

1. Paket Personal.

Jika kita memilih paket Personal, kita akan dimintai biaya pembayaran sebesar Rp. 44.700 perbulannya. dengan kelebihannya yaitu, Mendapatkan domain gratis selama satu tahun, bantuan email tanpa batas, mendapatkan puluhan tema situs blog gratis dan tidak ada iklan wordpres.

2. Paket Premium.

Jika kita akan memilih paket Premium untuk blog yang akan kita buat di WordPress, maka setiap bulannya kita akan dimintai biaya sebesar Rp. 89.400 dengan keunggulan yang ditawarkan pastinya akan lebih bagus dari Paket Personal. Keunggulannya yaitu, Bantuan live chat, penyesuaian desain tingkat lanjut, semua fitur personal tersedia, penyuntingan CSS, ruang penyimpanan yang lebih besar, integrasi Google analystic, dan bisa menghasilkan uang lewat iklan.

3. Paket Bisnis.

Jika kita menginginkan paket yang lebih unggul dari kedua paket diatas kita bisa memilih paket bisnis dengan tarif pembayaran perbulannya yaitu, Rp. 298.000 kelebihan paket ini yaitu, memiliki tema dan plugin khusus, perangkat SEO tingkat lanjut, template tema premium dan bisnis tanpa batas, ruang penyimpanan 200 GB, menikmati paket Premium, dan bisa menghilangkan brand wordpres.com.

4. Paket eCommerce.

Untuk layanan paket yang terakhir yaitu ada paket eCommerce yang tentunya memiliki keunggulan yang sangat baik dari ketiga paket yang ditawarkan diatas. Untuk bisa menikmati paket ini kita akan dikenakan tarif pembayaran perbulannya yaitu Rp 534.000 dengan keunggulan, bisa menikmati semua fitur pada layanan paket bisnis, jual produk dan layanan dengan toko online yang andal dan multifungsi, integritas dengan jasa ekspedisi terkemuka dan bisa menerima pembayaran di lebih dari 60 negara.

Baca Juga: Microsoft Office 2021 Resmi Liris, Tersedia Akhir Tahun Ini

wordpress

Lumayan mahal yaa. Tapi tenang dulu, bagi yang menginginkan paket layanan secara gratis bisa juga kok. Caranya kita tinggal gulir keatas lalu klik ‘mulai dengan situs gratis’. Setelah klik itu selanjutnya kita akan diarahkan pada menu antarmuka dari halaman blog yang telah kita buat dan sudah mulai bisa digunakan untuk membuat blog.

Sama hal nya dengan layanan paket gratis, jika kita sudah memilih salah satu paket berbayar diatas maka kita sudah mulai bisa menggunakan situs blog kita.

– Mulai Membuat Blog.

Kita diberikan kebebasan untuk membuat sebuah blog, dan dapat melihat seberapa banyak orang yang sudah membaca blog kita. Selain itu, kita juga bebas mengatur widget pada halaman blog kita.

Diawali dengan memulai mencatat blog pertama. Caranya yaitu, kita bisa mulai klik ‘mulai pos pertama’ untuk sekedar membuat artikel ataupun konten blog yang akan kita post. Selain itu kita juga bisa menambahkan gambar, teks, dan link pada blog yang akan kita buat.

Konten yang sudah kita post masih bisa diedit walaupun sudah diterbitkan, jadi kita tidak perlu khawatir jika konten yang telah kita buat memiliki kesalahan.

Banyaknya pembaca yang akan membaca blog atau artikel yang kita buat, tentunya tergantung dari bagaimana kita mengelola situs blog kita. Maka dari itu, jika kita menginginkan pembaca berminat untuk membaca blog atau artikel yang telah kita buat, kita harus sering memposting atau membuat blog pada situs kita.

Bukan tidak mungkin, semakin kita banyak membuat blog atau artikel maka akan semakin banyak pula pembaca yang mulai tertarik untuk membaca di situs blog kita.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa diterapkan jika anda berminat untuk membuat blog melalui situs wordpres.com.

(Fauza/Erwin)

Artikel Lainnya

Cukup 5 Menit Sudah Bisa Membuat Blog di WordPress? Simak Caranya Berikut Ini 1