spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Penjelasan Bahaya Main HandPhone Sambil Tiduran

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bermain HandPhone sambil tiduran seperti  sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, namun hal ini merupakan kebiasaan yang sangat tidak baik bagi kesehatan kita.

    Bermain HP terasa menyenangkan dan akan lebih santai, tapi jika dilakukan dengan posisi yang salah akan berdampak mengerikan bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

    bermain HP sambil tiduran, sudah pasti membuat mata kamu panas, lelah, dan berair. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit kepala maupun gangguan mata seperti mata minus dan lainnya.

    Seperti dilansir dari Tribun.com dari berbagai sumber, berikut ini dampak bermain HP saat tiduran untuk kesehatan tubuh.

    1. Merusak Retina

    FOKUSJabar.id Handphone
    Retina. Ilustrasi ( Web )

    Memainkan HP saat tiduran dapat merusak retina.

    BACA JUGA: Viralkan Odading Mang Oleh, Ade Londok Diberi HandPhone oleh Gubernur Jabar

    Dampak ini sudah diketahui oleh banyak orang, namun sering diabaikan lantaran merasa bukan dampak yang besar bagi tubuh.

    Layar telepon genggam ( Handphone ) memencarkan sinar biru atau blue light, yang digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang relative pendek (415-155nanometer) dan tingkat energi tinggi.

    Paparan langsung sinar biru pada mata dapat menembus bagian luar mata hingga bagian dalam, sehingga menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

    2. Stres

    FOKUSJabar.id Handphone
    Ilustrasi ( Web )

    Sadar atau tidak, ponsel yang selalu diletakkan didekat Anda atau dimainkan sambil tiduran dapat menciptakan suatu rasa atau gangguan stres posttraumatic.

    Stres dalam hal ini karena adanya rasa tegang dan selalu dalam keadaan berjaga-jaga, walau telah menaruh HP.

    Perasaan tegang serta berjaga-jaga akan terus-menerus terjadi lantaran selalu waspada terhadap adanya pesan, notifikasi atau panggilan telepon masuk.

    Bila kondisi ini terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan tubuh akan otomatis tercegah dari keadaan rileks total.

    3. Kebutaan

    Ilustrasi ( Web )

    Penelitian New England Journal of Medicine menyatakan bermain HP dalam posisi tiduran akan meningkatkan risikp Transiet Smartphone Blindess.

    Terlalu sering main atau mengecek HP sambil berbaring apalagi menggunakan sebelah mata ketika menengok akan berdampak pada gangguan mata.

    Transient Smartphone Blinness merupakan sebuah sindrom yang berpotensi memicu mata tidak dapat melihat dalam beberapa waktu diakibatkan penyesuaian cahaya dari mata sebelah kiri ke mata sebelah kanan dan akan menyebabkan mata minus sebelah.

    Apabila kebiasaan ini tidak segera dihentikan, maka kemungkinan berisiko pada kebutaan permanen.

    4. Kanker Mata

    FOKUSJabar.id Handphone
    Ilustrasi ( Web )

    Menatap layar Handphone dalam pencahayaan yang minim dapat menimbulkan risiko penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan gejala-gejalanya hampir tak terlihat sampai kanker tersebut dalam tingkat yang cukup parah.

    Bermain HP saat berbaring merupakan posisi ternyaman bagi beberapa orang. Namun, risiko kanker mata bisa meningkat dan ditandai dengan perubahan warna putih mata yang kemudian lama kelamaan menjadi warna merah.

    Jika dibiasakan bermain HP sambil tiduran atau berbaring terutama di dalam ruangan yang minim pencahayaan, gejala kanker mata dapat timbul. Selain kanker mata yang mengintai Anda, bermain HP bisa menyebkan kanker otak dan kanker payudara.

    Banyak yang menanggap kalau posisi bermain HP saat tiduran menjadi masalah utama. Sebenarnya, letak HP ketika selesai memakainya itulah yang menjadi masalah utama.

    Biasanya, saat ingin tidur HP diletakan didekat kita baik disebelah atau didekat kepala kita, dan itulah yang memicu panyakit kanker otak pada tubuh.

    Radiasi HP membuat sel-sel dalam jaringan tubuh menjadi tidak terkontrol, yang akhirnya sel kanker dapat tumbuh dengan cepat.

    Paparan sinar biru dalam HandPhone juga menjadi penyebab terjadinya kanker payudara. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention, paparan sinar biru akan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita hingga 17 persen.

    Para peneliti mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan oleh cahaya biru yang menekan produksi melatonin (hormon yang berfungsi untuk ‘menidurkan’ sel-sel kanker) dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

    Berikut merupakan penjelasan bahaya main Hp sambil tiduran, hal yang dianggap sepele, namun dapat membuat kesehatan pada mata terganggu, hingga dapat mengalami kebutaan, semoga bermanfaat.

    (Nendy)

    Berita Terbaru

    spot_img