spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Monyet di Situs Bojong Galuh Bikin Resah Pedagang

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Gerombolan monyet meresahkan pedagang di komplek Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jabar.

    Salah seorang pedagang Sunarto mengatakan, gerombolan monyet tersebut sudah berani menjarah makanan di sejumlah warung. Hal ini diduga akibat kekurangan makanan.

    “Sejak pandemi Covid-19, jumlah pengunjung ke Situs Bojong Galuh Karangkamulyan sepi,” katanya. Kamis (28/1/2021)

    Sepinya pengunjung, lanjut dia, berpengaruh pada pasokan makanan bagi para monyet di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan tersebut.

    “Saat sedang ramai pengunjung, kawanan monyet itu sering diberi makanan wisatawan sehingga tidak sampai menjarah makanan di warung,” kata dia.

    Selain minimnya pasokan makanan dari pengunjung, pohon buah-buahan di lingkungan hutan tempat kawanan monyet berada pun banyak tumbang karena sudah lapuk dan berusia tua.

    BACA JUGA: Gudang Vaksin Covid-19 di Kota Banjar Dijaga Ketat

    Kades Karangkamulyan Mohamad Abdul Haris mengatakan, pihaknya telah melaporkan kondisi yang terjadi serta keresahan pedagang di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan yang mendapat serangan gerombolan monyet.

    “Karena ini ranah BKPSDA, kami dari Pemdes telah melaporkannya. Namun sampai saat ini belum ada realisasi apapun dari apa yang telah kami laporkan,” kata Abdul Haris.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img