spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pemkab Garut Alokasikan Rp1,5 Milyar untuk Hibah Mesin Kelompok Industri

    GARUT,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), Nia Gania Karyana mengatakan, industri menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

    Menurut Gania, untuk membantu kelompok industri terdampak Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut di tahun 2020 mengalokasikan anggaran Rp1,5 milyar untuk pembelian mesin yang nantinya dihibahkan kepada para pelaku industri.

    “Ada yang sudah menerima hibah. Tahun kemarin (2020) mencapai Rp1,5 milyar. Itu sudah diserahkan Pak Bupati. Tahun 2019 juga sama,” kata Gania.

    disperindag esdm fokusjabar.id
    Nia Gania Karyana

    BACA JUGA: Bjb Cabang Garut Bantu 28 Warga Terdampak Longsor

    Gania menyebut, pemberian hibah mesin tersebut untuk kelompok (bukan perorangan). Dengan begitu, semua anggota kelompok bisa menggunakannya.

    Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan perbankan agar bisa memberikan bantuan modal bagi pelaku industri kecil.

    Gania menambahkan, skema hibah tersebut muncul melalui beberapa proses. Di antaranya, usulan dari masyarakat, aspirasi dan hasil penilaian dinas.

    “Kita bentuk tim untuk menilai kelayakan si-penerima hibah. Setelah itu baru diajukan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk memperoleh hibah,” tutup Kepala Disperindag ESDM.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img