Rabu 3 Maret 2021

Akar Ki Koneng Situs Ciluncat Kabupaten Ciamis Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

CIAMIS,FOKUSJabar. Id: Akar Ki Koneng atau yang lebih dikenal dengan akar kuning yang memilik nama latin (Arcangelicia flava) yang tumbuh di Situs Ciluncat Dusun Ciparay Desa Ciparigi Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, Jabar mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Juru Kunci Situs Ciluncat Kasto mengatakan, akar Ki Koneng memang berdasarkan sepengetahuanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita orang-orang.

“Banyak yang datang kesini untuk diambilkan akar Ki Koneng untuk dijadikan obat, ” katanya.

Kasto menuturkan, untuk mengambil akar Ki Koneng yang akan dijadikan obat tidak sembarangan orang yang bisa mengambilnya karena harus melalui ritual agar akar Ki Koneng tersebut bisa dijadikan obat berbagai penyakit itu.

“Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengambil akar Ki Koneng dari komplek pemakaman Kyai Tanjung Karawang yang berada di Situs Ciluncat itu,” kata dia.

BACA JUGA: Mata air Batu Sangkala Bolong Ciparigi Ciamis Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Kasto melanjutkan, khasiat akar Ki Koneng bisa menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya untuk sakit liver, asam lambung, darah tinggi, mag dan lain-lainya.

FOKUSJabar.id Situs Ciluncat
Juru Kunci Situs Ciluncat Kasto saat membagikan akar Ki Koneng. ( FOKUSJabar/Husen Maharaja )

“Untuk mengobati berbagai penyakit Akar Ki Koneng digodong dengan air kemudian air goodoganya yang d konsumsi secara rutin,” kata dia.

Kasto menambahkan, sedangkan untuk penyakit mata akar yang baru diambil airnya langsung diteteskan kearah mata yang sakit.

“Akar Ki Koneng sesaat baru diambil banyak airnya sehingga bisa langsung diteteskan kemata kita yang sakit, ” katanya.

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

Akar Ki Koneng Situs Ciluncat Kabupaten Ciamis Berkhasiat Sembuhkan Penyakit 1