spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Mata air Batu Sangkala Bolong Ciparigi Ciamis Dipercaya Sembuhkan Penyakit

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sumber mata air di lingkungan Situs Ciluncat Dusun Ciparay Desa Ciparigi Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, Jabar ramai didatangi warga dari luar daerah tersebut, karena air dari sumber mata air tersebut dipercaya bisa sembuhkan penyakit.

    Sumber mata air Batu Sangkala Bolong yang berada di area pesawahan tersebut konon bisa sembuhkan penyakit batuk dan sesak nafas.

    Juru Kunci Situ Ciluncat Kasto mengatakan, belakangan ini banyak yang datang bahkan dari luar Kabupaten Ciamis, kemudian ada juga warga yang sudah dua kali mengambil air dari mata air Batu Sangkala Bolong dua kali.  

    BACA JUGA: Soal KBM Tatap Muka, Ini Kata Bupati Ciamis

    “Kalau memang air dari mata air Batu Sangkala bolong tidak mempunyai tuah untuk menyembuhkan penyakit kenapa orang itu sampai dua kali datang kesini,” kata dia Rabu (6/1/2021).

    Menurut Kasto, selain menyembuhkan berbagai penyakit mata air Batu Sangkala Bolong ini berfungsi untuk tanda kondisi ketersediaan air di Desa Ciparigi.

    Kasto melanjutkan, yang menjadi keanehan dari mata air Batu Sangkala Bolong tersebut apa bila musim kemarau tidak pernah surut sama sekali dan saat musim hujan tidak pernah luber padahal air itu berada dalam Batu.

    “Selama saya tahu dan menurut cerita dari orang tua terdahulu mata air dari Batu Sangkala Bolong itu tidak pernah kering,” katanya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img