spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Seorang Ibu di Ciamis Melahirkan Tanpa Hamil

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Seorang ibu bernama Dedeh (33) asal Kabupaten Ciamis melahirkan seorang bayi laki-laki tanpa merasakan hamil. Dirinya hanya merasakan mules di kamar mandi lalu melahirkan.

    Ada apa dengan Dedeh sebenarnya?.

    Dokter kandungan RSUD Ciamis dr Nanang mengatakan bahwa yang terjadi pada Dedeh adalah hal biasa. Bahkan peristiwa serupa pernah terjadi di beberapa daerah. Nanang menyebut itu sebagai kehamilan tidak disadari penderitanya, atau dalam istilah medis disebut Cryptic Pregnancy karena gejala dan keluhannya berbeda dengan kehamilan pada umumnya.

    “Sebetulnya ada gejalanya, namun tidak disadari. Jadi ada yang hamil itu tidak terdeteksi. Disangkanya mungkin orang itu hanya gemuk saja sehingga tidak terlihat hamil. Tiba-tiba mules dan melahirkan,” kata Nanang, Jumat (8/1/2021).

    BACA JUGA: Melahirkan di Tengah Covid-19, Hindari Hal ini

    “Kalau ada menstruasi itu kemungkinan pendarahan. Karena orang hamil tidak mungkin menstruasi. Pendarahan yang disngka menstruasi. Sehingga tidak kontrol dan tidak cek, akhirnya hamil,” kata Nanang menambahkan.

    Sebelumnya, Dedeh (33) melahirkan seorang bayi lelaki di kamar mandi rumahnya pada Rabu (6/1/2021). Dedeh melahirkan tanpa tanda-tanda kehamilan.

    “Saya tidak merasa hamil, tapi melahirkan di kamar mandi saat merasa mau buang air,” kata Dedeh di kediamannya, Dusun Pangligaran, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Jumat (8/1/2020).

    Dedeh mengatakan bahwa dirinya hanya merasakan sakit perut dan pergi ke kamar mandi. Selang satu jam dirinya kembali merasakan mules dan kembali ke kamar mandi.

    “Saat jongkok di kloset, saya kaget melihat ada kepala bayi keluar. Saya langsung membalut bayi menggunakan baju yang dipakai. Bayinya nangis seperti biasa, saya langsung bawa ke kamar,” kata Dedeh.

    Selain tidak ada tanda-tanda kehamilan, dia mengaku jika perutnya pun tidak besar seperti orang hamil pada umumnya.

    (Riza M Irfansyah/LIN )

    Berita Terbaru

    spot_img