spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Warga Ciparay Ciamis Ingin Pembangunan Jalan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Masyarakat di Dusun Ciparay Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) menginginkan akses jalan yang melewati Situs Ciluncat dibangun pemerintah.

    Menurut tokoh masyarakat Dusun Ciparay, Warjo, pembangunan akses jalan lingkar Desa Ciparigi-Sukadana tersebut dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya terdapat potensi alam dan hasil bumi bisa dipasarkan ke luar daerah.

    BACA JUGA: Puluhan Warga di Desa Talagasari Ciamis Dievakuasi Akibat Pergerakan Tanah

    “Kalau jalan lingkar itu dibangun bisa mendongkrak perekonomian masyarakat melalui potensi alam dan hasil bumi,” katanya.

    “Para peziarah juga akan mudah menuju Situs Ciluncat (Makam Kyai Tanjung Karawang),” kata Warjo di Ciamis menambahkan. 

    Warjo mengatakan, memang keberadaan Situs Ciluncat bagi warga terdekat sudah tidak asing lagi. Namun karena belum terekspos luas, maka perlu dibumingkan agar menjadi tujuan wisata sejarah atau wisata ziarah.

    “Situs Ciluncat kalau ditata dengan baik tidak menutup kemungkinan menjadi tujuan para peziarah untuk datang ke sini,” jelasnya.

    Tokoh masyarakat lainnya, Eddy Heryanto mendukung penataan lingkungan Situs Ciluncat. Dengan begitu bisa menarik para peziarah untuk mengunjunginya. Namun dalam penataanya harus tetap memperhatikan kelestarian alam di lingkungan tersebut.

    “Jalan menuju lingkungan pemakaman Kyai Tanjung Karawang  jangan menggunakan tembok tetapi harus menggunakan batu yang disusun agar bisa menyerap air,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img