spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Puluhan Warga di Desa Talagasari Ciamis Dievakuasi Akibat Pergerakan Tanah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puluhan warga di Desa Talagasari, Kawali, Kabupaten Ciamis dievakuasi setelah terjadi pergerakan tanah sejak awal Januari 2021.

    Adapun yang terdampak pergerakan tanah, yakni di Dusun Sukamaju dan Dusun Sukahurip, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

    Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, warga dievakuasi ke tempat lebih aman untuk menghindari kejadian yang tak diharapkan akibat pergerakan tanah.

    “Ada 34 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 61 orang dievakuasi dari Dusun Sukamaju, ” kata Ade, Kamis (7/1/2021).

    BACA JUGA: 4 Hunian Warga Roboh, Wali Kota Bandung Tawarkan Rumah Susun

    Selain warga di Dusun Sukamaju, sekitar 32 orang dari Dusun Sukahurip, Talagasari pun dievakuasi akibat kejadian yang sama. Pihaknya menduga pergerakan tanah terjadi akibat curah hujan tinggi yang mengguyur dua desa itu.

    “Pergerakan tanah di wilayah Desa Talagasari terjadi sejak hari Jumat (1/1/2021) dan masih terjadi hingga hari ini. Ada 21 rumah warga mengalami kerusakan, satu unit rusak parah, empat sedang dan 16 rumah rusak ringan. Kemudian masjid dan jalan sepanjang 1 kilometer rusak,” kata Ade.

    Sementara itu Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana untuk selalu waspada dan hati-hati.

    “Sekiranya wilayah itu berbahaya jangan dipaksakan berada di sana, hindari kemungkinan kejadian yang bisa membahayakan jiwa, ” kata Herdiat.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img