spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Vaksinasi Tahap Awal di Ciamis Sasar 38 Ribu Orang

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Ciamis akan menyasar 38 ribu orang. Demikian disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin rapat evaluasi Satgas Covid-19 di Aula Adipati Kusumadiningrat, Kabupaten Ciamis, Kamis (7/1/2021).

    “Vaksinasi akan dilaksanakan 15 Januari 2021 dan dilakukan 10 perwakilan dari unsur Forkompimda kemudian diikuti Bupati dan Wakil Bupati kemudian yang lainnya,” kata Herdiat.

    Tahap awal lebih difokuskan untuk tenaga kesehatan dan petugas atau instansi yang menjadi garda terdepan membantu pemerinta mengurangi penyebaran Covid-19, seperti Satgas Covid 19, dan TNI,Polri yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

    BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Mulai Disosialisasikan Pemkot Tasikmalaya

    “Pelaksanaannya akan dilakukan di setiap Puskesmas di seluruh Kabupaten Ciamis. Vaksinasi menyasar usia rentan 18 tahun dan di bawah 59 tahun,” kata dia.

    Sebagai evalusi penanganan Covid 19, Herdiat mengatakan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Ciamis setiap harinya mengalami peningkatan. Tercatat hingga tanggal 6 Januari 2021 kasus terkonfirmasi positif 19 sebanyak 1.299 orang. Peningkatkan itu dipicu salah satunya oleh pasien yang melakukan isolasi mandiri tetapi tidak disiplin dan berkeliaran.

    “Maka kita harus tetap mengawasi para pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri,” kata Herdiat.

    Kaitannya dengan PSBB Jawa dan Bali, Herdiat mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis tidak akan menerapkan PSBB, terlebih Ciamis masih berada dalam zona oranye. Kendati begitu, pihaknya akan terus memperketat penerapan prokes hingga tingkat desa guna menghentikan penyebaran Covid-19.

    (Fauza/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img