spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Libur Natal, Dinkes Kota Bandung Temukan 12 Wisatawan Positif Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Selama libur Natal, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung telah melakukan rapid test antigen kepada 432  orang. Hasilnya, 12 orang dinyatakan positif Covid-19.

    “Di Kebun Binatang didapat tiga orang, dan sembilan orang dari Terminal Leuwipanjang. Test di terminal dilakukan sejak 24 Desember, dan 26 Desember di Kebun Binatang,” kata Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Senin (28/12/2020).

    Ahyani mengungkapkan, ke-12 orang tersebut, berasal dari berbagai daerah dan sudah dirujuk ke ruang isolasi. Mereka pun dipastikan akan mengikuti test lanjutan yakni polymerase chain reaction (PCR).

    BACA JUGA: Baladhika Karya Kota Bandung Bagikan 1.000 Masker untuk Warga Miskin

    “Ini bukan diagnosa, tetapi lebih ke screening sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan PCR. Selain harus isolasi, ke-12 orang yang dinyatakan positif ini kita larang untuk bepergian,” kata dia.

    Menurutnya, pelaksanaan rapid test antigen yang dilakukan Dinkes akan terus digelar hingga 8 Januari 2021 mendatang.

    “Yang positif ini mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota untuk yang Terminal. Sementara di Kebun Binatang Bandung, mereka wisatawan yang berasal dari luar Kota Bandung,” kata Ahyani.

    Selain itu, Ahyani mengatakan bahwa tingkat keterisian tempat tidur di 28 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 mencapai 90 persen. Pasien yang dirawat berasal dari dalam dan luar Kota Bandung.

    “Kalau tingkat keterisian sekitar 90 persen. Tetapi untuk pasien yang terpapar namun tanpa gejala, kita imbau melakukan isolasi mandiri di rumah didampingi petugas dari puskesmas,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img