spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Curug Tujuh, Pesona Keindahan 7 Air Terjun dengan Keaslian Alamnya

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Curug Tujuh Panjalu atau biasa disebut Curug Cibolang merupakan wana wisata unggulan di Kabupaten Ciamis. Para pengunjung akan disuguhkan air terjun sekaligus keindahan dan keasrian alam yang bisa meredakan sejenak penat karena kesibukan.

    Sesuai dengan namanya, curug atau air terjun ini memiliki tujuh tingkatan. Mulai dari curug satu, curug dua, curug tiga, curug Cibolang, curug Simantaja, curug Cileutik, dan curug Cibuluh.

    Untuk bisa mencapai curug terakhir, para pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar dua sampai tiga jam dengan berjalan kaki. Namun semua usaha tersebut akan terbayar saat tiba di lokasi dengan keindahan curug plus suasana alam yang asri dan udara yang bersih.

    Terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Wana Wisata Curug Tujuh bisa ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Ciamis.

    BACA JUGA: Sekda Ciamis: Pertumbuhan Koperasi harus Ditingkatkan

    fokusjabar.id curug tujuh panjalu ciamis
    Hamparan terasering pesawahan di sepanjang jalan menuju wana wisata Curug Tujuh. (FOTO: Fauzan)

    Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan keindahan Gunung Syawal dan hamparan terasering pesawahan.

    Tak hanya itu, akses jalan menuju Curug Tujuh pun terbilang mulus. Perjalanan yang ditempuh sekitar satu jam pun akan tak terasa karena terbalas oleh keindahan dan keasrian alam sekitar.

    “Walaupun perjalanan yang ditempuh lumayan cukup jauh, tapi rasa lelah terbayarkan dengan kenyamanan dan kesejukan tempat ini. Sangat cocok untuk menenangkan pikiran,” kata salah seorang pengunjung, Aldi.

    fokusjabar.id curug tujuh
    (FOTO: Fauzan)

    Pengelola Curug Tujuh Dedeh mengatakan, pengunjung wana wisata pada masa pandemi Covid-19 saat ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Padahal, sebelum pandemi, Curug Tujuh menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Ciamis.

    Selama pandemi Covid-19 ini, lanjut dia, pihaknya menerapkan anjuran pemerintah yakni protokol kesehatan bagi setiap pengunjung. Para pengunjung yang datang, diimbau untuk selalu menerapkan 3M.

    “Kami selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak. Juga di pintu masuk, kita menyediakan tempat cuci tangan,” kata Dedeh.

    Wana wisata Curug Tujuh buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya. Masuk ke lokasi wisata, pengunjung cukup merogoh kocek Rp8.000 untuk tiket masuk. Sedangkan untuk tiket parkir, dibanderol sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor, dan Rp10 ribu untuk mobil.

    (Fauzan/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img