spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    100 Pejabat Fungsional Dilantik Ditengah Pandemi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana melantik 100 pejabat fungsional di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jabar, Selasa (8/12/2020). Pelantikan ditengah pandemi Covid-19 ini pun digelar sesuai protokol kesehatan.

    Pelaksanaan pelantikan digelar di ruang terbuka, tepatnya di Plaza Balai Kota Bandung. Para pejabat yang dilantik pun tak lepas dari masker yang mereka kenakan.

    “Pelantikan ini bagi pejabat fungsional yang memiliki keahlian sesuai bidangnya. Ada tenaga kesehatan. Tenaga ahli yang sesuai kompetensinya,” kata Yana.

    BACA JUGA: Amankan Pilbup Tasikmalaya, Polisi Tes Covid dan Pastikan Penerapan 3M

    fokusjabar.id pelantikan pejabat fungsional
    100 pejabat fungsional Pemkot Bandung dilantik. (FOTO: Yusuf Mugni)

    Yana mengatakan, pelantikan merupakan bagian dari penguatan struktur birokrasi di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

    “Pelantikan untuk menguatkan struktur dan birokrasi yang lebih baik sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa dimaksimalkan, karena jabatan dinilai tanggung jawabnya. Semakin tinggi jabatan semakin besar beban risiko,” Yana menegaskan.

    Sementara Kepala BKPP Kota Bandung, Yayan A. Brillyana mengatakan, pada pelantikan kali ini didominasi tenaga medis yang mencapai 70 persen. Sedangkan sisanya merupakan pejabat fungsional di beberapa dinas dan badan.

    “Sekitar 70 persen tenaga medis. Karena amanat undang-undang maka harus dilantik dan disumpah,” kata Yayan.

    Untuk jabatan fungsional, kata Yayan, selain mengedepankan SDM juga keahilan. Setiap ASN harus semakin memiliki kompetensi tinggi. Sesuai amanat presiden, transformasi struktural ke fungsional.

    “Nanti ke depan, jabatan itu lebih ke keahlian. Pak presiden minta transformasi struktur ke fungsional. Kelebihannya, kenaikan pangkat lebih cepat yaitu per dua tahun lalu kerja berdasarkan keahlian tidak bergantung orang lain,” Yayan menerangkan.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img