spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Zona Merah, Emil Imbau Masyarakat Menahan Diri

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Enam daerah di Jabar berstatus zona merah atau risiko tinggi Covid-19. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) mengimbau masyarakat menahan diri dan tidak berwisata ke daerah berstatus Zona Merah.

    Data periode 23 November 2020 hingga 29 November 2020 menunjukkan bahwa enam daerah di Jabar berstatus Zona Merah.

    Enam daerah itu, yakni Kabupaten Indramayu, Purwakarta, Karawang, Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Banjar. Kemudian, 19 daerah di Jabar berstatus Zona Oranye. Hanya Kabupaten Cianjur dan Pangandaran yang berstatus Zona Kuning.

    “Itu sudah saya umumkan. Saya imbau minggu ini para wisatawan menahan diri terlebih dahulu untuk tidak ke Bandung Raya, karena zonanya lagi merah, sedang proses pengendalian lebih baik lag,” kata Emil, Rabu (2/12/2020).

    BACA JUGA:Zona Merah, Pemkot Bandung Lakukan Langkah Strategis

    Seusai libur panjang pada akhir Oktober 2020, kata Emil, terjadi peningkatan kasus Covid-19. Untuk itu dia meminta agar warga Jabar menghindari kerumunan.

    “Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, saya kira kita harus menahan diri dulu, tidak bepergian terlalu jauh dan tidak berkerumun,” kata dia.

    Dia pun melaporkan tingkat kererisian ruang isolasi rumah sakit rujukan di Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kab Bandung, KBB, dan Sumedang) sudah lebih dari ambang batas standar WHO, yakni 60 persen.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img