spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Pasangan JUARA Fokus Pada Pertanian Melalui Program Lumbung Pangan Mandiri

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (JUARA) akan fokus pada bidang pertanian. Paslon JUARA pun memiliki progam unggulan yakni lumbung pangan mandiri.

    Calon Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, persoalan pertanian di Kabupaten Pangandaran dianggap kompleks. Salah satunya dari sisi ketepatan tanam. Jika tidak tepat memperkirakan musim, akan berdampak besar pada para petani.

    “Umpamanya saat baru tanam ternyata kekeringan atau kebanjiran. Maka itu akan menjadi perhatian kita dengan membuat pengelolaan pertanian yang tepat dan baik dengan program lumbung pangan mandiri,” kata Jeje, Kamis (3/12/2020).

    Dari sisi produktivitas gabah, Jeje mengatakan jika sudah bagus. Namun, terkait harga masih pluktuatif, terutama saat panen raya yang bisa anjlok hingga Rp1000 per kilogram.

    “Kalau panen sekitar 10 persen, harga masih diatas Rp5000 per kilogram. Namun jika panen diatas 70 persen, harga bisa turun antara Rp800 hingga Rp1000 per kilogram. Padahal jedanya hanya sekitar dua minggu tapi harga sudah naik lagi, sedangkan petani kebanyakan sudah tidak memiliki padi,” kata dia.

    BACA JUGA: KPK Gali Soal Aliran Dana Kampanye Pilkada Kota Banjar 2013

    Karena itu, lanjut Jeje, pasangan JUARA memiliki progran lumbung pangan mandiri. Dengan program ini, petani dapat menahan untuk menjual gabah menunggu harga stabil kembali.

    “Ya, sebagian banyak petani menjual gabahnya ketika harga rendah. Jadi dengan adanya program ini, nanti petani bisa menahan gabah sampai stabil,” Jeje menerangkan.

    Ke depan, petani akan diberikan kredit dengan jaminan padi mereka yang ada di lumbung hingga menunggu harga gabah kembali normal. Selain itu, pihaknya akan menyiapkan penggilingan padi di sentra-sentra produksi untuk memperkecil biaya transportasi pasca panen.

    “Kita fokus pada bidang pertanian dan lainnya karena berbagai program mendasar seperti infrastruktur, kesehatan gratis maupun pendidikan gratis sudah terpenuhi,” kata dia.

    (Agus/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img