spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    8 Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah SAW

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sehat, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (SAW) merupakan sosok teladan bagi umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya teladan dalam hal beribadah kepada Allah SWT, namun Rasullullah SAW mengajarkan juga kepada umatnya untuk hidup sehat.

    Banyak yang mengatakan sehat itu mahal, justru malahan sebaliknya sehat itu murah, sangat penting bagi kita untuk melakukan pencegahan supaya kita tidak terserang penyakit salah satunya adalah dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

    Dua nikmat yang sering sekali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang” (HR. Bukhari, No. 6412).

    Baca Juga: Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi

    Seumur hidupnya Rasulullah hanya pernah mengalami dua kali sakit, pertama ketika Rasulullah diracun oleh wanita Yahudi yang menghidangkan makanan sewaktu di Madinah kedua ketika menjelang Rasulullah wafat, lalu apa sajakah tips kesehatan Rasulullah SAW?

    Berikut 8 tips sehat ala Rasulullah SAW:

    1. Tidur Cepat dan Bangun Pagi

    sehat 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi : Web

    Rasulullah menganjurkan umatnya untuk tidur cepat, tidur cepat dimalam hari yang dianjurkan adalah ketika setelah salat Isya kurang lebih pukul 21:30, dan kapan waktu bangun yang baik sesuai anjuran Rasulullah? Yakni kira-kira pukul 03:00 pagi di sepertiga malam untuk melakukan salat malam, dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari 8 jam, dalam konteks penggunaan waktu 24 jam dalam saru hari satu malam adalah 1/3 untuk bekerja, 1/3 untuk beribadah dan 1/3 untuk tidur yang cukup. (Sumber: health.detik.com)

    2. Melakukan Puasa

    sehat 2 puasa fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa tubuh kita melakukan proses pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh secara optimal, sel-sel dalam tubuh kita melakukan proses pembaharuan sel dengan baik dan dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi sel getah bening akan membaik 10 kali lipat. Maka dari itu puasa dianggap sebagai senjata paling ampuh dalam dunia kedokteran. (Sumber: p2ptm.kemkes.go.id)

    3. Tidak Marah

    sehat 3 fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Nasihat Rasulullah, jangan marah diulang tiga kali disaat menasehati sahabatnya, ini menunjukan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasadnya tetapi pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan.

    4. Menjaga Kebersihan

    Sehat 4 fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Rasulullah SAW senentiasa tampak bersih dan rapi setiap Kamis atau Jumat beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi,  Rasulullah SAW juga menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui Sunnah beliau yaitu bersiwak yang sampai sekarang dianut oleh umatnya.

    5. Menjaga Pola Makan

    Sehat 5 fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk tidak makan secara berlebihan karena makan makanan dengan porsi yang besar tentunya akan menghambur-hamburkan makanan selain itu juga tidak baik bagi kesehatan, Rasulullah SAW selalu menyarankan untuk makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

    6. Berolahraga

    sehat 6 fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Rasulullah SAW pun melakukan beberapa jenis olahraga yang menunjukan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat tetapi juga kuat. Adapun olahraga yang dilakukan Rasulullah SAW yaitu lari, gulat, berkuda dan memanah.

    Rasulullah SAW bersabda: “ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah. Beliau mengucapkannya tiga kali”. (HR.Muslim. Hadits lain juga dijelaskan “kamu harus banyak memanah karna memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu,” (HR.Bazzar dan Tabrani).

    7. Bersosialisasi

    sehat 7 fokusjabar.id
    Ilustrasi : Web

    Sebuah studi di Harvard school of Public Health menemukan bahwa pria yang berusia  tujuh puluhan tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik akan memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung. Kita semua mengetahui bahwa Rasulullah SAW memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan kerabat serta beliau bertetangga dengan baik. Sosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW yang patut kita tiru.

    8. Berbekam

    sehat 8 fokusjabar.id
    Ilustrasi : Web

    Said bin Zubair berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

    “Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara pertama dengan meminum madu atau dengan obat herbal, kedua dengan berbekam atau hijanah dan ketiga dengan terapi besi panas, dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas,” (HR. Bukhari).

    Itulah 8 tips hidup sehat ala Rasulullah SAW  yang dikumpulkan dari berbagai sumber, tentunya sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bukan?

    (Erwin/Fauzan, Dari Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img