spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pemkot Banjar Luncurkan Layanan Kateterasi Jantung “Caht Lab”

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar meluncurkan pelayanan Kateterisasi jantung dan pembuluh darah (Caht Lab) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar, Jabar. Senin (23/11/2020).

    Pelayanan ini merupakan inovasi Pemkot Banjar dalam memberikan peningkatan fasilitas dan sarana prasarana kesehatan.

    Grand Opening Kateterasi Jantung dan Pembuluh Darah (Caht Lab). (Budiana)

    “Dengan adanya Caht Lab ini diharapkan bisa memberikan peningkatan pelayanan pada pasien dengan masalah penyempitan pembuluh darah jantung,” kata Wali kota Banjar, Ade Uu Sukaesih saat memberikan sambutan pada grand opening layanan Caht Lab di RSUD Kota Banjar.

    Ade mengatakan Pemkot Banjar harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

    BACA JUGA: Aplikasi E-Kinerja akan berlaku di Kota Banjar pada 2021

    “Tugas pemerintah memberikan pelayanan yang terbaik, bagaimana sarana prasarananya, bagaimana SDM nya, harus ditempuh walaupun dalam pencapaian tersebut harus banyak pengorbanannya,” kata dia.

    Sementara itu, Direktur RSUD Kota Banjar dr.Eka Lina Liandari mengatakan, pihaknya juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

    “RSUD Kota Banjar ini merupakan rumah sakit unggulan, dengan adanya pelayanan ini kami bekerja sama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan,” kata dr.Eka.

    Direktur RSUD Kota Banjar, dr.Eka Lina Liandari. (Budiana)

    Eka juga mengatakan, keunggulannya selain pada monitor, juga menghasilkan gambar 3D dan sangat minim radiasi. Kateter anglography dapat menampilkan kondisi jantung secara detail, jelas dan akurat yang sangat membantu dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronay Angioplasty.

    “Caht Lab ini juga memiliki keunggulan bisa melihat kondisi jantung seperti angioplasty atau seperti scrining sehingga ketika ada keluhan itu bisa diperiksa, apakah terdapat penyumbatan atau tidak,” kata dia.

    Keunggulannya juga tidak seperti CT anglography, caht lab ini menggunakan kateter yang memungkinkan untuk mengkombinasikan diagnosa dan tindakan dalam satu prosedur, misalnya menemukan daerah penyempitan arteri diikuti dengan angioplasty dan penempatan stent.

    “Pada kateter anglography dapat menampilkan kondisi atau gambaran pembuluh darah yang jelas dan tidak bisa dihasilkan dengan prosedur on-invasive,” kata Eka.

    Selain itu, layanan ini diharapkan bisa menjadikan RSUD Kota Banjar menjadi rumah sakit unggulan yang bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

    “Semoga dengan adanya Caht lab ini bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

    (Budiana/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img