spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Covid-19, Kafe di Ciamis Terapkan Prokes

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Berbagai cara dilakukan agar geliat perekonomian kembali berjalan di tengah Covid-19. Kafe di Ciamis kini menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat agar bisa tetap buka.

    Setiap pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuh terlebih dahulu dan menjaga jarak selama berada di area kafe. Sebut salah satunya yang berlokasi di Jalan Ir Juanda Ciamis. 

    “Jadi, setiap pelanggan/pengunjung yang datang dicek suhu tubuh dulu. Kalau normal dipersilakan cuci tangan dan sudah pakai masker,” kata Mulya Dewi, Pemilik Kafe di Ciamis, Rabu (18/11/2020).

    BACA JUGA: Covid-19 Sulit Ditangani Tanpa Partisipasi Publik

    Dewi mengatakan, hal tersebut dilakukan atas anjuran dari pemerintah apabila diizinkan buka. Sekaligus membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

    “Kami tidak segan menegur karyawan yang tidak taat protokol kesehatan terutama tidak pakai masker. Kami juga tidak akan memasukan pengunjung yang tidak memakai masker. Karena pemakaian masker sangat penting untuk mencegah penularan,” katanya.

    Dewi menyebut, dalam masa pandemi ini tak dipungkiri pengunjung sedikit mengalami penurunan. Namun dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kegiatan perekonomian bisa kembali berjalan tapi tentunya harus dengan protokol kesehatan.

    Kini banyak yang kembali buka terutama kedai-kedai kopi. Umumnya kafe dikunjungi oleh kaum milenial sebagai tempat nongkrong.

    “Alhamdulillah, sekarang bisa buka lagi dengan ketentuan tertentu. Pengunjung dibatasi dan buka sampai pukul 22.00 WIB. Ini sebagai upaya agar tidak berkerumun. Semoga pandemi ini segera berakhir,” ucapnya.

    Seorang pengunjung, Yuli mengatakan, saat ini sudah banyak yang buka dan menerapkan protokol kesehatan 3M. Ia mengaku datang hanya untuk menikmati kopi saja, dan hanya membutuhkan waktu setengah sampai 1 jam saja.

    “Kalau ke kafe atau lagi beraktivitas di luar rumah saya biasa bawa hand sanitizer. Persediaan masker juga selalu ada di dalam tas. Intinya mencoba berupaya agar tidak tertular,” pungkasnya.

    (Riza M Irfansyah/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img