Minggu 29 November 2020

Covid-19, Kafe di Ciamis Terapkan Prokes

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Berbagai cara dilakukan agar geliat perekonomian kembali berjalan di tengah Covid-19. Kafe di Ciamis kini menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat agar bisa tetap buka.

Setiap pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuh terlebih dahulu dan menjaga jarak selama berada di area kafe. Sebut salah satunya yang berlokasi di Jalan Ir Juanda Ciamis. 

“Jadi, setiap pelanggan/pengunjung yang datang dicek suhu tubuh dulu. Kalau normal dipersilakan cuci tangan dan sudah pakai masker,” kata Mulya Dewi, Pemilik Kafe di Ciamis, Rabu (18/11/2020).

BACA JUGA: Covid-19 Sulit Ditangani Tanpa Partisipasi Publik

Dewi mengatakan, hal tersebut dilakukan atas anjuran dari pemerintah apabila diizinkan buka. Sekaligus membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami tidak segan menegur karyawan yang tidak taat protokol kesehatan terutama tidak pakai masker. Kami juga tidak akan memasukan pengunjung yang tidak memakai masker. Karena pemakaian masker sangat penting untuk mencegah penularan,” katanya.

Dewi menyebut, dalam masa pandemi ini tak dipungkiri pengunjung sedikit mengalami penurunan. Namun dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kegiatan perekonomian bisa kembali berjalan tapi tentunya harus dengan protokol kesehatan.

Kini banyak yang kembali buka terutama kedai-kedai kopi. Umumnya kafe dikunjungi oleh kaum milenial sebagai tempat nongkrong.

“Alhamdulillah, sekarang bisa buka lagi dengan ketentuan tertentu. Pengunjung dibatasi dan buka sampai pukul 22.00 WIB. Ini sebagai upaya agar tidak berkerumun. Semoga pandemi ini segera berakhir,” ucapnya.

Seorang pengunjung, Yuli mengatakan, saat ini sudah banyak yang buka dan menerapkan protokol kesehatan 3M. Ia mengaku datang hanya untuk menikmati kopi saja, dan hanya membutuhkan waktu setengah sampai 1 jam saja.

“Kalau ke kafe atau lagi beraktivitas di luar rumah saya biasa bawa hand sanitizer. Persediaan masker juga selalu ada di dalam tas. Intinya mencoba berupaya agar tidak tertular,” pungkasnya.

(Riza M Irfansyah/Bambang)

Artikel Lainnya

17 Cara Diet Alami Tanpa Obat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Diet alami merupakan Cara terbaik untuk mendapatkan berat...

Puspel PP Jadi Solusi Pemkot Bandung Selesaikan Masalah Perempuan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan (Puspel PP) diharapkan menjadi wadah penyelesaian masalah yang dihadapi kaum perempuan. Baik tindakan diskriminasi berupa tindakan kekerasan maupun pelecehan.‎ Wakil...

Pohon Masker di Tasikmalaya, Cara Unik Sosialisasi 3M

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pohon masker menjadi seni instalasi dari cara unik sosialisasi penerapan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak), yang dilakukan jajaran Polsek...

5 Keutamaan Surah Al-Falaq

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Surah Al-Falaq merupakan surah ke 113 di dalam Al-Qur'an yang memiliki arti waktu subuh. Surah ini tergolong surah Makkiyah (diturunkan di kota...

Duh, Kasus HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya Memprihatinkan

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Jumlah penderita positif HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya terus meningkat. Kondisi memprihatinkan ini menjadi peringatan bagi Pemerintah Kota (Pekmkot) Tasikmalaya menjelang Hari AIDS Dunia...

Challenge #SAYAMEMBACA, Najwa Shihab Berhasil Ajak Masyarakat Untuk Membaca

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Najwa Shihab, Perpustakaan Nasional baik di pusat maupun daerah di masa pandemi Covid-19 saat ini digantikan oleh kegiatan webinar, agar penyebaran virus...

Pelatih Persib Bandung Siapkan Menu Latihan untuk Desember 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Aktivitas latihan bersama tim Persib Bandung dihentikan sejak November-Desember 2020. Tim pelatih Persib Bandung pun telah menyiapkan program baru untuk latihan secara mandiri para pemain. Menurut...