spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Covid-19 Sulit Ditangani Tanpa Partisipasi Publik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan bahwa penanganan wabah virus corona yang dihadapi adalah tanggung jawab semua pihak.

    Oleh karena itu, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) amat penting guna mengendalikan sebaran Covid-19.

    “Kolaborasi semua pihak menjadi benteng utama mencegah penyebaran Covid-19,” kata Emil di Bandung, Selasa (17/11/2020).

    Dia mengimbau semua lapisan masyarakat muali dari pemimpin komunitas hingga ormas untuk tetap menerapkan prokes saat menggelar kegiatan. Silakan berkegiatan, silakan produktif. Tetapi tetap menggunakan pola Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

    BACA JUGA: Covid-19, bjb Jadi Pencerah Panti Sosial

    “Jadi silakan dilaksanakan acara kegamaan, rapat atau seminar, tetapi dibatasi yang hadirnya. Sisanya bisa mengikuti secara daring dari rumah,” kata Emil.

    Lebih lanjut Emil melaporkan penanganan Covid-19 dari sisi epidemiologi di mana tingkat kesembuhan pasien di Jabar terus naik dari 73 persen menjadi 76,9 persen.

    Berdasarkan data Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar) hingga 17 November 2020, pengetesan (testing) metode uji usap (swab test) Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah mencapai 604.466 spesimen.

    “Alhamdulillah semakin banyak orang yang sembuh, angka kematian pun turun dari 1,9 persen menjadi 1,8 persen,” kata Emil.

    Pihaknya pun terus mewaspadai lonjakan kasus pascalibur panjang Oktober lalu. Ada peningkatan keterisian rumah sakit sekitar 66,55 persen.

    “Kami akan terus menekan angka tersebut,” kata Emil.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img