spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Covid-19, bjb Jadi Pencerah Panti Sosial

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Covid-19 masih berlangsug di berbagai belahan dunia, dan dampak penyebaran wabah ini berdampak pada tidak stabilnya kehidupan sosial. Meski demikian, sebagian lembaga perlahan dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan beradaptasi di tengah pandemi.

    Hal itu dibuktikan dengan aktivitas ekonomi yang kembali menggeliat meski belum seperti sediakala. Kendati begitu, sebagaian lain masih cukup kesulitan untuk menyesuaikan.

    Institusi yang didera paceklik berkepanjangan ini kebanyakan adalah lembaga-lembaga swadaya sosial. Mereka yang lebih banyak menyandarkan nasibnya dari derma para donatur kian terhimpit lantaran lembaga-lembaga usaha yang selama ini menjadi tumpuan belum sepenuhnya keluar dari ancaman krisis.

    Covid-19
    Salah seorang pengelola panti sosial menerima santunan dari bank bjb (foto IST)

    BACA JUGA: Covid-19, bjb Catatkan Laba Bersih Rp418 M

    Panti-panti yang selama ini menjadi kepanjangan tangan negara dalam meaksanakan tanggungjawabnya kepada kelompok masyarakat rentan ini membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak agar bisa bertahan di tengah situasi yang belum menentu.

    Kini, harapan mereka sepenuhnya disandarkan kepada lembaga-lembaga usaha yang masih menunjukkan tren positif. Bank bjb sebagai lembaga usaha yang beruntung dapat mencatatkan kinerja positif selama masa Covid-19 menyambut situasi ini dengan tangan terbuka. Seiring perannya sebagai agen penggerak, bjb turut berkontribusi memberikan bantuan kepada panti-panti sosial yang membutuhkan.

    “Pemberian bantuan kami laksanakan serempak di kantor cabang di seluruh negeri. Bank bjb bergerak pasti mengulurkan tangan kepada panti-panti yatim. Bantuan itu kami berikan untuk menopang operasional panti yang dihuni yatim-piatu,” kata Pimpinan Divisi Corporate Secretary (Corsec) bank bjb Widi Hartanto, Rabu (4/11/2020).

    Langkah ini, kata Widi, dilakukan sebagai bentuk kepedulian bank bjb terhadap sesama. Sebagai bagian dari komunitas, bank bjb pun berkepentingan ikut andil dalam upaya-upaya produktif dalam memastikan hajat sosial masyarakat, terlebih di tengah mewabahnya virus corona.

    Widi mengatakan bahwa keberhasilan bank bjb meraih kesuksesan usaha tidak terlepas dari peran serta dan dukungan masyarakat terhadap perkembangan bisnis yang bjb jalankan.

    “Sebagai bagian dari komunitas, sudah sepatutnya perseroan juga berpartisipasi memberikan dukungan konkret kepada masyarakat. Langkah ini sebagai bagian dari upaya berkesinambungan yang senantiasa dilakukan bank bjb dalam keterlibatan aktif perusahaan sebagai agen penggerak,” kata Widi.

    Untuk diketahui, santunan kepada panti-panti yatim tersebut merupakan persembahan Tandamata yang tulus dipersembahkan oleh bank bjb. Menurut Widi, panti-panti sosial memiliki peranan vital dalam tatanan sosial masyarakat, khususnya dalam membina bangsa yang menjadi modal berharga dalam pembangunan.

    “Kami berharap uluran tangan yang disaluran melalui CSR bank bjb ini akan memberikan manfaat besar kepada panti sosial serta menginspirasi lembaga usaha lainnya untuk melakukan langkah serupa,” kata dia.

    Perseroan memastikan partisipasi untuk mengurangi beban sosial masyarakat dalam menghadapi pandemi terus berlanjut.

    Sebelumnya, bank bjb pun aktif menyalurkan bantuan kepada berbagai elemen masyarakat rentan dengan menyediakan bantuan-bantuan kebutuhan dasar. Termasuk di antaranya panti sosial sebagai sasaran penyaluran bantuan.

    Sokongan juga diberikan kepada para tenaga medis di daerah, hal itu sebagai bentuk dukungan nyata bank bjb terhadap seluruh lapisan masyarakat dalam gerakan melawan Covid-19.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img