spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Pulihkan Ekonomi, Pemkot Bandung Berkolaborasi Dengan BUMN

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota ( Pemkot ) Bandung berkolaborasi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi asa baru bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan UMKM Recovery Center (URC), diharapkan dapat kembali menggeliatkan perekonomian.

    “Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Bandung terhadap stimulus ekonomi, dengan URC ini, Makanya judulnya ‘recovery’. Mudah-mudahan dari yang sederhana ini dapat memulihkan ekonomi Kota Bandung.

    ” kata Asisten Daerah (Asda) Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Erick M Ataurik di Jalan Mustang Pasteur Kota Bandung.

    Menurutnya, UMKM Recovery memiliki empat kegiatan yaitu business matching, coaching clinic, intermediasi pembiayaan, dan galeri pemasaran produk UMKM.

    Pelaku UMKM Kota Bandung dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis melalui Dinas UMKM Kota Bandung.

    “Kita tidak bisa membantu pembiayaan secara finansial, Tetapi bisa kita fasilitasi dengan kredit pembiayaan melalui bank.

    Kita sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri, Lalu ada dari PT Pegadaian yang sudah membantu sebanyak kurang lebih 400 UMKM untuk pelatihan digital, “jelasnya.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Apresiasi Konsep Co Working Space di Astanaanyar

    Erick menambahkan, program UMKM Recovery saat ini, besar kemungkinan akan terus berlanjut meski pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya Kota Bandung telah berakhir.

    Bahkan  dia berharap, program dari Kota Bandung tersebut dapat terus berkembang di tingkat kota bahkan nasional.

    “Program ini seperti akan terus berkelanjutan, karena kebetulan ini juga kolaborasi dan kontribusi anggota pengurus koperasi pegawai.

    walaupun Gedungnya milik koperasi, namun para anggota ikut support dalam rangka stimulus ekonomi. Mudah-mudahan, miniatur ini terus dikembangkan di tingkat kota dan nasional, “ungkapnya.

    FOKUSJabar.id Pemkot Bandung
    Asisten Daerah (Asda) Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Erick M Ataurik, Saat Meninjau UMKM Recovery Center di Jalan Mustang Pasteur Kota Bandung Jabar Kamis (12/11/2020). (FokusJabar/Yusuf Mugni)

    Sementara itu, Pemimpin Wilayah Kanwil X Bandung PT Pegadaian, Udin Salahudin melalui Deputi Bisnis Area Bandung 1.

    Dadan Kadarsah mengatakan, bahwa keterlibatan PT Pegadaian merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap UMKM yang saat ini tengah terpuruk lantaran pandemi Covid-19.

    Saat ini, kata dia, PT Pegadaian lebih kepada memberikan edukasi tentang pemahaman digitalisasi.

    Salah satunya adalah terkait pemasaran. Sebab, tak jarang pelaku UMKM di Kota Bandung mengaku masih kebingungan bagaimana memberikan pelayanan, packaging, dan perluasan market share secara digital, “Untuk sementara ini kita telah memberikan pendampingan pelatihan sebanyak 400 UMKM.

    Poin nya adalah kebutuhan UMKM Sebagai contoh apakah soal komunikasi yang harus diberikan  pemahaman lebih bagus lagi, atau pemasarannya. Ini yang harus kita kembangkan kedepannya,”ucapnya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img