spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Bos Event Organizer Ciamis Beralih Jadi Pembudidaya Ikan Koi

    CIAMIS, FOKUSJabar.Id: Arie Mirza warga Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa barat seorang pengusaha event organizer ( EO) terpaksa harus banting setir menjadi pembudidaya ikan KOI lantaran usaha yang sudah dirintisnya selama puluhan tahun berhenti total hanya dalam hitungan bulan akibat pandemi Covid-19.

    Meski baru seumur jagung namun usaha budidaya ikan Koi tersebut ternyata cukup menggiurkan dengan omset sekali panen capai ratusan juta rupiah yang berhasil diraupnya.

    Bahkan pada akhir bulan Desember Tahun 2020 ini Dirinya berencana akan menggelar panen raya ikan Koi berukuran 15 hingga 20 Centi meter sebanyak  26 ribu ekor senilai Rp 350 juta rupiah.

    Dilahan seluas 3,2 HA inilah Arie Mirza seorang mantan bos event organizer ( EO) meniti kembali lembaran hidup barunya menjadi pembudidaya ikan Koi  usaha yang dirintisnya selama puluhan tahun hancur hanya dalam hitungan bulan akibat pandemi Covid-19.

    BACA JUGA: Pasien Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi di RSUD Ciamis Penuh

    Ari terpaksa harus meninggalkan profesi lamanya mengurus event produk perusahaan kenamaan asal negeri Sakura-Jepang dengan beralih profesi terjun ke kolam ikan.

    FOKUSJabar.id Bos Event Organizer
    Arie Mirza saat beraktifitas di kolam pembudidayaan ikan Koi yang berada di Dusun Cirebon Desa Muktisari Cipaku-Ciamis. ( FOKUSJabar/Husen Maharaja )

    Meski harus berjibaku dengan pekatnya lumpur serta bermandikan keringat dibawah teriknya sengatan matahari namun tetap disyukurinya karena menurutnya ini adalah pilihan hidup yang harus dijalani.

    Dengan  mendirikan POKDAKAN AM-Plus Arie Mirza beserta rekan-rekanya kemudian menyulap areal pesawahan yang dulunya kurang produktif menjadi mesin penghasil uang berupa puluhan kolam pembenihan ikan Koi yang tersebar di tujuh desa di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa barat dan telah bekerjasama dengan tujuh Bumdes dan mitra Bumdes.

    “Alhamdulillah usaha yang saya rintis saat ini sudah mulai terasa hasilnya, ” ungkapnya kepada wartawan fokusjabar Ciamis, Selasa (10/11/2020).

    Sementara itu Ahamd Sobari penyuluh perikanan Kecamatan Cipaku mengatakan,
    berkaca dari pengalaman Arie Hamzah pandemi Covid-19 ternyata tidak sekedar  membawa kedukaan namun juga mengajarkan kita hal baru tentang kehidupan  dengan jalan keluar dari zona nyaman sehingga mampu berinovasi ditengah sulitnya himpitan ekonomi.

    ” Apa yang dilakukan Pak Arie saat ini bisa menjadi inpirasi bagi kita semua disaat pandemi dikala orang-orang mengalami kesulitan dengan bisa menghasilkan uang, ” ungkapnya.

    ( Husen Maharaja)

    Berita Terbaru

    spot_img