spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati Hari Pahlawan ke-75 LVRI Kota Bandung Gelar Syukuran dan Doa Bersama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Peringatan Hari Pahlawan ke-75 yang jatuh pada 10 November 2020 besok, berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab momen sejarah tahun ini diperingati pada saat pandemi Covid-19.

    Ketua Leguin Veteran Republik Indonesia (LVRI) Patmo mengatakan, pihaknya tidak akan melaksanakan upacara, Namun, kata dia, untuk memperingati hari pahlawan tahun ini, LVRI akan mengadakan syukuran dan doa bersama.

    “Karena ini masa pandemi, tidak boleh mengumpulkan orang banyak-banyak. Kita paling sekitar lima puluh orang,” kata Patmo di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung Jabar Senin (9/11/2020).

    Menurutnya, LVRI juga akan malakukan syukuran secara terbatas. Sebab, rata-rata anggota LVRI dalam usia lanjut, sehingga potensi terkena Covid-19 akan lebih besar.

    BACA JUGA: Refleksi Hari Pahlawan, Mahasiswa Ciamis Demo Soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

    “Kita itu paling muda 70 tahun, veteran ini udah sepuh semua. Ini makanya tidak boleh kumpul-kumpul. Jangan sampai ada masalah,” ungkapnya.

    Selain itu, Patmo menilai, monumen perjuangan yang ada di Kota Bandung tidak terjaga dengan baik. Oleh karena itu, LVRI meminta Pemerintah Kota Bandung untuk meningkatkan perhatian terhadap monumen-monumen tersebut.

    Saat ini, kata dia, terdapat sekitar delapan belas monumen perjuangan yang terdapat di Kota Bandung. Namun, monumen tersebut kondisinya kurang terawat dengan baik.

    “Sebagian terawat sebagian tidak,” ungkapnya.

    Pihaknya juga meminta Pemkot Bandung untuk mempioritaskan perawatan monumen perjuangan pada tahun depan.

    “Saya udah bicara dengan bagian pertamanan, tahun 2021 akan difokuskan pembenahan monumen di Bandung Timur. Nanti ke depan, satu persatu monumen di Kota Bandung agar dipelihara,” ucapnya.

    Sebelum Pandemi Covid-19, Patmo mentakan, LVRI biasanya melakukan pembersihan monumen secara rutin dalam setiap tahun. Namun pada tahun. Ini, kata dia, kegiatan tersbut tidak dilaksanakan dengan pertibangan kesehatan.

    “Biasanya tiap tahun ada komunitas yang membantu, tahun ini karena pandemi, Saya tiadakan,” pungkasnya.‎

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img