spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Disnakan Ciamis Berupaya Penuhi Kebutuhan Ikan Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten (Disnakan) Kabupaten Ciamis terus mendorong pemenuhan kebutuhan ikan bagi masyarakat. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus mendatangkan dari luar daerah.

    “Ikan konsumsi hasil budidaya petani di Ciamis saat ini baru memenuhi 50 persen dari total kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis Sarif Hidayat, Kamis (5/11/2020).

    Meski belum memenuhi total kebutuhan bagi masyarakat, kata Sarif, namun hasil budidaya para petani ikan sudah mengalami peningkatan. Sebelumnya, produksi ikan hasil budidaya para petani di Ciamis hanya memenuhi 30 persen dari total kebutuhan masyarakat.

    Untuk itu, pihaknya terus mendorong kelompok-kelompok petani ikan di Kabupaten Ciamis semakin meningkatkan hasil produksinya. Termasuk lembaga lain untuk mulai melakukan budidaya ikan.

    “Salah satu upaya mendorong peningkatan budidaya ikan yakni dengan memberikan bantuan bibit ikan kepada kelompok-kelompok tani ikan dan lembaga pendidikan. Dengan ini diharapkan kebutuhan ikan di Kabupaten Ciamis bisa terpenuhi dan tidak harus mendatangkan dari daerah lain,” kata Sarif.

    fokusjabar.id disnakan ciamis ikan
    Perwakilan SMKN 1 Ciapku melepas ikan nila bantuan dari Disnakan Kabupaten Ciamis (FOTO: Husen)

    BACA JUGA: Seniman Kota Banjar Siap Kembali Hibur Masyarakat

    Kepala Balai Pembibitan Ternak dan Ikan Disnakan Kabupaten Ciamis Yayat Ruhiyat mengatakan, dalam melakukan budidaya ikan yang baik harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari kedalaman kolam hingga kestabilan suhu air.

    “Minimal dua meter untuk dalam kolam sehingga suhu bisa lebih stabil saat ada perubahan cuaca. Kalau tidak bisa mengakibatkan penyakit pada ikan,” kata Yayat.

    Salah satu lembaga pendidikan yang mendapatkan bantuan bibit ikan yakni SMKN 1 Cipaku. Wakil Kepala SMKN 1 Cipaku Dewi Nurdiyanti mengucapkan terimakasih atas bantuan bibit ikan nila dari Disnakan Ciamis.

    “Bantuan ini bisa memberikan motivasi terhadap anak didik kami. Selain bisa belajar budidaya ikan juga bisa mendapatkan penghasilan,” kata Dewi.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img