spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    DPR RI Minta Longsor dan Banjir Banjarsari Dikaji Pemerintah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI XI Didi Irawadi tinjau lokasi bencana longsor dan banjir Banjarsari dan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, Jabar, Rabu (4/11/2020).

    Dalam peninjuan tersebut  Didi didampingi Anggota Komisi C DPRD Ciamis dari fraksi Demokrat Hakimah dan Sekretaris DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara.

    Didi mengatakan, dengan adanya bencana banjir dan longsor yang terjadi di dua Kecamatan di Kabupaten Ciamis harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah setempat.

    BACA JUGA: Alumni SMAN Kawali Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Banjarsari

    “Pemerintah daerah harus melakukan kajian secara serius untuk daerah yang menjadi rawan bencana seperti ini. Kemudian yang paling penting adalah melakukan upaya pencegahan agar tidak ada korban dalam bencana,” kata Didi di sela-sela peninjauan.

    Didi mengaku, mendapatkan kabar duka bencana longsor dan banjir Banjarsari yang cukup besar dari anggota fraksi Demokrat DPRD Ciamis Hakimah.

    banjir banjarsari
    Secara Simbolis Didi Irawadi Berikan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir di Kecamatan Banjaranyar Ciamis. (FOKUSJabar/Riza M Irfansyah)

    “Kemudian saya berkoordinasi untuk menindaklanjuti apa yang saya bisa bantu untuk masyarakat yang terdampak,” katanya.

    Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak politikus Demokrat ini memberikan bantuan 500 paket sembako yang diterima secara simbolis oleh Camat dan aparatur Desa setempat.

    Dari data yang dihimpun dari Camat Banjarsari Dedi Mudyana Rabu (4/11/2020), rumah yang terdampak oleh banjir Banjarsari sebanyak 4.609 rumah dan 39 fasilitas umum mengalami kerusakan, kemudian warga sebanyak 4.891 KK 14.532 jiwa terdampak banjir. Sementara untuk Kecamatan Banjaranyar 1.369 KK 3.399 jiwa terdampak banjir dan longsor.

    DPRD Ciamis Bahas Longor dan Banjir Banjarsari

    Sementara itu Hakimah mengaku, sudah melakukan rapat bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis untuk menyikapi bencana banjir dan longsor.

    “Besok kita akan meninjau beberapa titik yang rawan bencana di Banjarsari dan Banjaranyar agar segera dilakukan langkah preventif. Intinya kita menekan pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk menanggulangi dan mencegah bencana dimasa mendatang,” kata Hakimah.

    Untuk diketahui Didi Irawadi dalam kesempatan yang sama juga melakukan reses di dua Kecamatan yaitu Lakbok dan Purwadadi untuk mendengarkan aspirasi warga. .

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img