spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Masa Pandemi Covid-19, DBD Patut Diwaspadai

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Demam Berdarah Dengue (DBD) patut diwaspadai Di tengah massa pandemi Covid-19 dengan berbagai protokol kesehatan yang harus dijalankan. 

    Kepala Puskesmas Pataruman 1 Kota Banjar, dr.Ika Rika Rohantika mengatakan, selain memprioritaskan tentang bagaiman memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pada musim hujan seperti saat ini harus juga melakukan pencegahan penyakit DBD.  

    “Menjalani protokol kesehatan dalam mencegah covid-19 wajib, tapi kitapun harus melakukan juga PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) untuk mencegah demam berdarah,” katanya saat dimintai keterangan saat melakukan tracking di kelurahan Hegarsari, Kota Banjar, Senin (26/10/2020).

    BACA JUGA: Kasus DBD Kota Tasikmalaya Tinggi, Kemenkes Turun Tangan

    Pasalnya kata Dia, pada saat dirinya melakukan tracking pasien Covid-19 di beberapa titik menemukan jentik-jentik nyamuk di genangan air, Dengan demikian masyarakat harus sesegera mungkin melakukan antisipasi.

    “Tadi ini saja saat saya lakukan tracking banyak menemukan jentikan jentikan di ember bekas air hujan, maka PHBS harus juga dilakukan,” katanya.

    Ika menambahkan, jangan sampai masyarakat lupa terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) , jangan sampai ketika disibukan dengan pencegahan Covid-19 malah terkena oleh DBD.

    “Saya mengimbau masyarakat juga secepatnya melakukan pencegahan terhadap demam berdarah saat ini,” katanya.

    (Budiana/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img