spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Layak Gantikan Messi, Barcelona Disarankan Rekrut Moukoko

    SPANYOL,FOKUSJabar.id: Barcelona FC disarankan untuk secepatnya merekrut gelandang muda Borrussia Dortmund, Youssoufa Moukoko. Hal tersebut dikatakan mantan striker Blaugrana, Samuel Eto’o.

    “Ada pemain muda Borussia Dortmund, namanya Youssoufa Moukoko. Masih berusia 15 tahun dan memiliki potensi yang hebat setelah Messi menurut saya,” kata Eto’o seperti dikutip republika.co.id dari Tribal Football, Kamis (22/10/2020).

    Moukoko sendiri belum mencatatkan debutnya di Bundesliga bersama Borrusia Dortmund karena terbentur aturan. Gelandang kelahiran Kamerun ini baru berusia 15 tahun, sedangkan aturan Budnesliga memperbolehkan debut pemain muda di usia 16 tahun yang baru bisa dicapai Moukoko pada 20 November mendatang.

    Mantan penyerang Barcelona ini menyebut jika Moukoko dapat menjadi pengganti Lionel Messi di masa depan. Selain sebagai gelandang, pemain yang juga bisa berperan sebagai striker ini diyakini Eto’o bisa membuktikan kualitasnya di Camp Nou.

    “Lionel (Messi) kan semakin tua, jadi harus menyiapkan penggantinya untuk masa depan di Barcelona. Antoine (Griezman) dan Youssoufa di lini depan Barcelona akan menjadi duet yang sangat hebat,” kata dia.

    BACA JUGA: Jelang Debat Terakhir Pilpres AS 2020, Episode Trump vs Obama Terulang

    fokusjabar.id barcelona Youssoufa Moukoko dortmund
    Postingan Moukoko di instagramnya terkait dengan hadiah ulang tahun ke-15 dari idolanya Lionel Messi. (FOTO: WEB)

    Seperti gayung bersambut, Lionel Messi pun melihat talenta yang dimiliki wonderkid Dortmund ini. Secara khusus, bintang sekaligus kapten Barcelona ini pun mengirimkan hadiah sebagai ucapn selamat ulang tahun ke-15 bagi Moukoko.

    Moukoko pun mengucapkan terima kasih kepada idolanya tersebut melalui instagram. “Ya Tuhan! Mendapat ini sebagai hadiah dari idolaku. Terima kasih banyak, Leo Messi. Terima kasih atas semua ucapan selamat ulang tahunmu,” tulis Moukoko.

    Bakat Moukoko pun telah diendus dunia sepak bola dalam setahun terakhir. Tidak menutup kemungkinan, pemain yang kerap meniru gaya selebrasi gol Cristiano Ronaldo ini akan menjadi rebutan tim di Eropa. Tidak hanya Barcelona, tapi juga klub-klub besar Eropa lainnya.

    Pemain yang sudah memilih menjadi warga negara Jerman ini pun tampil mengesankan bersama tim muda Borussia Dortmund dan Jerman. Dikutip dari laman transfermarkt.com, Moukoko dikontrak Borrusia Dortmund pada 19 Juli 2020 hingga 30 Juni 2022.

    Meski belum genap berusia 16 tahun, Moukoko sudah mampu mencetak prestasi fenomenal. Tiga kali menjadi top skor dalam tiga musim berturut-turut di kompetisi usia muda Bundesliga sekaligus mengukuhkan tim Borussia Dortmund U-17 menjuara kompetisi dua kali berturut-turut.

    Di musim 2017/2018 saat masih berusia 13 tahun, Moukoko mencetak 37 gol dari total 25 laga yang dijalani bersama Borussia Dortmund U-17. Lalu di musim berikutnya saat menginjak usia 14 tahun, gelar top skor di kompetisi B-Junioren Bundesliga West kembali diraihnya dengan torehan 46 gol dari 25 laga yang dijalaninya.

    Total, Moukoko sudah tampil bersama Borussia Dortmund U-17 sebanyak 56 kali di semua laga dan mencetak 90 gol dan 16 assist.

    Menginjak usia 15 tahun, Moukoko sudah tampil untuk tim Borussia Dortmund U-19 pada kompetisi A-Junioren Bundesliga West musim 2019/2020 dan langsung menjadi top skor dengan torehan 34 gol dari 20 laga. Di tim U-19, Moukoko sudah tampil di 24 laga di berbagai kompetisi dengan torehan 43 gol dan 10 assist hingga saat ini.

    fokusjabar.id barcelona Youssoufa Moukoko dortmund
    Youssoufa Moukoko saat membela Borussia Dortmund U-19 pada kompetisi UEFA Youth League 2019/2020 kontra Inter Milan. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Penundaan Liga 1 2020, Satgas Covid-19: Untuk Keselamatan dan Kesehatan Semua

    Sementara untuk tim nasional Jerman, pemilik nomor punggung 18 ini sudah memulai debut di tim Jerman U-16 saat berusia 12 tahun 9 bulan 22 hari pada laga persahabatan kontra Austria U-16, 11 September 2017. Saat itu, Moukoko masuk sebagai pemain pengganti di menit 75.

    Di tim Jerman U-16, Moukoko hanya tampil 4 kali dan mencetak tiga gol sebelum dipanggil masuk skuat U-20. Debut di timnas Jerman U-20 dijalani saat berusia 15 tahun 9 bulan 14 hari.

    Saat itu, Moukoko dipercaya pelatih Jerman U-20 Guido Streichsbier tampil penuh pada laga persahabatan kontra Denmark U-20 pada 3 September 2020. Mengenakan nomor punggung 9, Moukoko berhasil memberikan assist untuk satu-satunya gol yang dicetak Jamie Leweling meski timnya kalah 1-3 atas Denmark U-20.

    fokusjabar.id barcelona Youssoufa Moukoko dortmund
    Youssoufa Moukoko dengan kostum timnas Jerman bernomor 19. (FOTO: WEB)

    “Dia adalah bakat luar biasa. Kami ingin dia belajar bagaimana berlatih dan bermain dengan orang dewasa,” kata Direktur Olahraga Borussia Dortmund Michael Zorc.

    Zorc menyebut jika Moukoko akan dimasukkan dalam daftar B Borussia Dortmund untuk fase grup Liga Champions 2020. Dortmund sendiri tergabung bersama Zenit Saint Petersburg, Brugge, dan Lazio di Grup F.

    Menurut peraturan UEFA, pemain berusia 16 tahun bisa bermain dengan syarat sudah berada di klub setidaknya selama dua tahun. Moukoko sendiri bergabung dengan Dortmund pada 2016 dari klub St. Pauli, meski baru meneken kontrak resmi di tahun ini.

    Moukoko dipastikan akan mencetak sejarah baru di Liga Champions sebagai pemain termuda jika diturunkan pada laga Dortmund kontra Brugge yang dijadwalkan pada 24 November 2020. Saat itu, Moukoko tepat berusia 16 tahun empat hari.

    Rekor pemain termuda di Liga Champions saat ini dipegang pemain Nigeria Celestine Babayaro yang kini sudah berusia 42 tahun. Saat berusia 16 tahun 86 hari, Babayaro sudah bermain membela Anderlecht di Liga Champions saat melawan Steaua Bucharest pada tahun 1994.

    fokusjabar.id barcelona Youssoufa Moukoko dortmund
    Aksi Youssoufa Moukoko pada laga UEFA Youth League 2019/2020, 11 Februari 2020. (FOTO: WEB)

    Layak ditunggu kan penampilan wonderkid Borussia Dortmund ini. Tak hanya penampilannya di layar kaca melalui siaran langsung Liga Champions, publik tanah air pun berkesempatan melihatnya langsung di lapangan hijau saat Moukoko tampil di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang.

    Dan yang juga perlu ditunggu, apakah Barcelona atau klub besar Eropa lain yang akan menjadi pelabuhan Moukoko dalam karir profesionalnya. Ataukan tetap di klub berjuluk Die Borussen di Signal Iduna Park?

     

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img