spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya, Lokasi Favorit Ziarah di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan Ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh kerap menjadi kunjungan para peziarah untuk berdoa kepada Alloh SWT agar mengabulkan hajatnya. Makam tersebut berlokasi di puncak Bukit Gunungranji Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kabupaten Ciamis, Jabar.

    “Yang saya ketahui, para peziarah yang datang banyak dari luar kota. Terutama di malam-malam tertentu,” kata salah seorang warga Dusun Cibodas Ciharalang Adang, Kamis (15/10/2020).

    Adang menuturkan, para peziarah yang datang untuk berdoa kepada Alloh SWT di kedua makam tersebut agar hajatnya dikabulkan.

    “Ada yang menginginkan pangkatnya naik dan mempunyai wibawa. Mereka datang kesini untuk berdoa,” kata dia.

    BACA JUGA: 2 Nelayan Hilang saat Melaut, Istri Bupati Garut Kunjungi Keluarga Korban

    Menurut cerita turun temurun dari orang tua, Adang mengatakan Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan Ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh merupakan orang suci dan penyebar agama Islam di wilayah Kerajaan Galuh atau Cijeungjing saat ini.

    “Beliau itu ulama penyebar agama Islam dan karomahnya sampai saat ini masih dipercayai masyarakat,” Adang menambahkan.

    Selain makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan Ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh, di areal lokasi Gunung Ranji Ciharalang pun ada lima makam lainya.

    “Disini ada juga makam Raden Panji Wulung, Raden Panji Malela, Ratu Ratnaningsih dan Ratu Ratna Inten serta makam Prawesti,” kata dia.

    Bagi orang-orang yang berniat jahat dan berhati kotor lalu melewati area pemakaman, dikatakan Adang, tidak akan bisa pulang dari wilayah tersebut.

    “Yang aneh di sini, jika sore hari suka tercium bau bunga bangkai padahal tidak ada bunga itu. Bau itu tercium mulai dari area pesawahan sampai area pemakaman,” kata Adang.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img