spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Mengenal 5 Kategori jenis Asuransi Kesehatan Yang Beredar Di Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebutuhan akan biaya kesehatan yang semakin membukit kian membuka mata warga Indonesia akan penggunaan asuransi. Meski terbagi dalam berbagai macam jenis, ternyata tidak bisa dipungkiri bahwa asuransi kesehatan mulai banyak diminati. Namun jangan memilih secara gegabah, karena setidaknya terdapat lima kategori Jenis asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui agar bisa menyesuaikan biaya dan kebutuhan. Berikut ulasannya.

    5 Kategori Dan Jenis Asuransi Kesehatan 

    1. Asuransi Berdasar Pihak Tertanggung

    jenis asuransi kesehatan

    Dalam kategori ini, terdapat dua jenis asuransi yang harus Anda pilih. Hendaknya Anda cek kategori ini terlebih dahulu, untuk mengetahui siapa saja yang tercakup dalam asuransi yang akan dipilih. Pada umumnya, jenis yang akan Anda temukan adalah asuransi pribadi dankelompok (kolektif). Seperti yang tertulis dalam jenisnya, asuransi tersebut hanya akan beri manfaat pada pihak tertentu sesuai dengan pilihan atau pihak tertanggung yang tertera.

    Jika Anda memilih asuransi kesehatan pribadi, maka polis asuransi yang ditawarkan hanya berlaku untuk satu orang saja. Contohnya adalah diri Anda pribadi. Maka saat dirawat di rumah sakitatau terjadi kecelakaan, hak asuransihanya berlaku untuk Anda sendiri. Jika Anda pilih kolektif, maka semua layanan polis akan diberikan untuk nama yang tertulis dalam asuransi. Salah satu contoh terbaik adalah asuransi – asuransi kesehatankeluarga atau karyawan.

    2. Asuransi Berdasar Jenis Perawatan

    jenis asuransi kesehatan

    Asuransi yang masuk dalam kategori ini akan berkaitan dengan jenis perawatan yang dipilih.Ada dua jenis asuransi yang bisa Anda pilih, yakni asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap. Perhatikan dengan baik premi dan polis yang tertulis, apakah asuransi tersebut menggaris bawahi salah satu jenis perawatan tertentu? Jika demikian, maka asuransi hanya berlaku apabila Anda melakukan perawatan tersebut. Jika tidak, maka Anda harus tanggung biaya sendiri.

    Kategori ini kerap diikuti dengan persyaratan yang ketat. Seperti contohnya adalah asuransi rawat inap hanya berlaku apabila sudah menghabiskan waktu minimal 24 jam di rumah sakit. Setelah itu, asuransi kesehatantersebut baru bisa diklaim. Bahkan ada pula yang memberi batas waktu inap. Sebaliknya, rawat jalan hanya menanggung biaya obat dan layanan medis tanpa inap. Misalnya adalah konsultasi rutin dan biaya pembelian obat.

    3. Asuransi Berdasar Pengelola Dana

    Jenis Asuransi Kesehatan

    Apakah asuransi – asuransi kesehatandiolah pihak negara atau swasta? Pertanyaan ini berkaitan erat dengan kategori dan jenis asuransi kesehatan berdasar pengelola dana. Dalam hal ini, asuransi kesehatan yang diolah oleh pihak swasta kerap jadi pilihan karena cukup mudah dan banyak ditemukan. Bahkan tidak sedikit yang memberikan benefit lebih bagi penggunanya, seperti promo hingga biaya polis yang sangat beragam.

    Namun tentunya Anda perlu cek dengan teliti kredibilitas pengelola swasta tersebut, karena tidak sedikit yang ternyata hanya asuransi bohong. Sebaliknya, asuransi yang dikelola oleh negara biasanya bersifat wajib atau dianjurkan. Seperti contohnya adalah BPJS kesehatan. Pada dasarnya, asuransi ini disediakan oleh pemerintah untuk diikuti oleh keluarga yang membutuhkan atau untuk karyawan pada perusahaan.

    4. Asuransi Berdasar Biaya Yang Ditanggung

    jenis asuransi kesehatan

    Kategori ini kerap dilewatkan oleh pengguna asuransi. Padahal mengetahui batasan biaya yang ditanggung sangat penting sebelum Anda menekan kontrak dengan suatu polis asuransi. Dalam hal ini, ada dua jenis asuransi – asuransi kesehatan yang tersedi. Yakni asuransi tanggungan total dan tertinggi. Untuk tanggungan total, maka semua biaya akan dibebankan ke pihak asuransi. Tapi untuk tertinggi, maka hanya layanan mahal yang akan ditanggung.

    BACA JUGA: Asuransi Kesehatan Avrist Prime Hospital and Surgical Solusi Rumah Tangga

    5. Asuransi Berdasar Metode Pembayaran

    Berkaitan dengan biaya yang ditanggung, maka tidak akan luput dengan metode klaim dan pembayaran. Pada umumnya, ada dua pilihan yang bisa digunakan. Apakah Anda ingin asuransi dengan metode reimbursement atau cashless. Reimbursementberarti biaya rawat harus dibayar terlebih dahulu oleh pihak yang sakit. Baik itu layanan UGD, obat, konsultasi, hingga rawat inap. Setelah itu, klaim polis akan dilakukan setelah keluar atau sudah sembuh.

    Setelah memenuhi syarat klaim dan semua dokumen yang diperlukan, maka dana untuk pembayaran awal akan digantikan oleh pihak asuransi. Cara ini cukup diminati karena bisa digunakan untuk berbagai rumah sakit. Sebaliknya,cashlessakan mengcoversemua biaya perawatan dari awal hingga akhir. Anda bisa gunakan polis ini hanya dengan menunjukkan kartu anggota asuransi. Tapi asuransi – asuransi kesehatancashless ini hanya berlaku di rumah sakit rekanan saja.

    Setidaknya Anda harus tahu kelima jenis asuransi yang akan dipilih. Pasalnya biaya pembayaran hingga tanggungan akan sangat dipengaruhi dengan pilihan jenis asuransi kesehatan. Apakah Anda perlu asuransi pribadi atau kelompok? perlu bayar penuh atau separuh? Siapa yang kelola dan apa yang ditanggung? Pikirkan secara detail sebelum memutuskan pada satu asuransi.Atau solusi lainnya adalah menabung untuk kebutuhan darurat.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img