spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Informasikan Penerimaan Mahasiswa, UPI Kunjungi SMAN 1 Pangalengan

    PANGALENGAN,FOKUSJabar.id: Berkaca dari pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (MABA) tahun akademik 2020/2021, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) melakukan kunjungan ke SMA/SMK di wilayah Jabar. Salah satunya ke SMA Negeri Pangalengan di Jalan Kb. Kopi No.145, Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jumat (9/10/2020).

    Kepala Seksi Hubungan Eksternal Kantor Humas UPI Yana Setiawan mengatakan, sosialisai informasi terkait penerimaan mahasiswa baru untuk siswa SMA/SMK yang akan masuk perguruan tinggi khususnya UPI sangat diperlukan. Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sosialisasi yang biasa dilakukan secara rutin setiap tahun tidak bisa digelar di tahun 2020.

    “Pada tahun sebelumnya, kita rutin mengundang seluruh SMA/SMK di Jabar untuk melihat pameran yang berisi informasi terkait UPI serta seluruh program studinya. Tapi untuk tahun ini tidak memungkinkan untuk digelar akibat pandemi Covid-19 sehingga kita pun ubah sistemnya,” ujar Yana saat ditemui di SMAN 1 Pangalengan, Jumat (9/10/2020).

    fokusjabar.id UPI SMAN 1 Pangalengan
    (FOTO: Istimewa)

    Pelaksanaan kunjungan langsung ke sekolah untuk menginformasikan terkait penerimaan mahasiswa baru di SMAN 1 Pangalengan, lanjut Yana, menjadi yang pertama kali dilakukan. Pada kunjungan tersebut, pihak UPI disambut Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Didin Suyadi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Romli, Koordinator Guru Bimbingan dan Konseling, perwakilan guru, serta bidang IT SMAN 1 Pangalengan.

    “Pada kunjungan tersebut, kita menyampaikan informasi terkait pemerimaan mahasiswa baru termasuk sistem baru yakni layanan kunjungan. Melalui sistem baru ini diharapkan perluasan informasi program-program akademik dan sistem penerimaan mahasiswa baru bagi masyarakat bisa lebih efisien dan efektif,” kata dia.

    BACA JUGA: Jelang Dies Natalis ke-66, UPI Luncurkan Inovasi PKM 

    Dalam Layanan Kunjungan, lanjut dia, pihak SMA/SMK bisa mengakses laman yang sudah disiapkan Kantor Humas UPI di http://kunjungan.humas.upi.edu/. Aplikasi kunjungan tersebut berisi tentang pengajuan jadwal kunjungan, konfirmasi serta jadwal yang sudah disetujui untuk proses penyelenggaraan layanan kunjungan.

    “Melalui sistem baru ini, sekolah bisa mengajukan permohonan kunjungan yang bisa dilakukan secara virtual atau langsung untuk mendapatkan segala informasi terkait UPI, khususnya tentang informasi penerimaan mahasiswa baru,” ujar Yana.

    fokusjabar.id UPI SMAN 1 Pangalengan
    (FOTO: Istimewa)

    Melalui sistem baru tersebut, Yana berharap informasi program-program akademik dan sistem penerimaan mahasiswa baru bisa tersampaikan ke semua SMA/SMK di Jabar pada tahun 2020 ini. Pasalnya, untuk mengundang SMA/SMK di Jabar ke kampus UPI di tengah pandemi Covid-19 ini sangat tidak memungkinkan untuk dilakukan.

    “Selain itu, kadang kebutuhan siswa maupun sekolah pun berbeda-beda, terkadang ada yang spesifik menanyakan informasi mengenai prodi baru di UPI selain informasi penerimaan mahasiswa baru secara umum. Kita pun sudah siapkan profil semua prodi di UPI melalui tayangan di TVUPI,” kata Yana.

    Sementara Waki Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 1 Pangalengan Didin Suyadi mengaku sangat terbantu dengan informasi penerimaan mahasiswa baru yang disampaikan Kantor Humas UPI. Pasalnya, banyak siswa di sekolahnya yang memiliki keinginan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi khususnya di UPI.

    “Ini informasi yang penting bagi kami. Bagaimana kami bisa menyerap informasi terupdate terkait cara masuk perguruan tinggi negeri, khususnya UPI. Kami sangat senang menyambut kedatangan teman-teman dari UPI,” kata Didin.

    fokusjabar.id penerimaan mahasiswa UPI SMAN 1 Pangalengan
    (FOTO: Istimewa)

    Layanan kunjungan tersebut, merupakan salah satu inovasi layanan bagi masyarakat dimasa Covid-19. Pengembangan ini diharapkan juga bisa membantu pemerintah mengembangkan kepedulian serta kesadaran layanan publik ekternal.

    “Sejumlah inovasi yang dikembangkan dalam bentuk informasi dan layanan digital diantaranya layanan kunjungan virtual, layanan legalisir online serta pelaporan online. Dengan pengembangan ini diharapkan bisa meningkatkan kepuasaan pelayanan publik bagi masyarakat dan juga meningkatkan keunggulan serta daya saing UPI sebagai lembaga layanan publik,” kata Kepala Kantor Humas UPI Deni Darmawan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img