spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Bulan Inklusi Keuangan, Bank bjb Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

    CIREBON,FOKUSJabar.id: Bank bjb siap mengembangkan potensi sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Cirebon, khususnya yang bergerak di bidangkulinerkhas Kota Udang.

    Upaya ini dilakukan untuk mengisi momen Bulan Inklusi Keuangan 2020 dan program bjb PENtas (PenguatanEkonomiNasionalTangguhdan Sejahtera).

    Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, bjb mendukung penuh dalam mendorong perkembangan perekonomian daerah. bjb akan melaksanakan pendampingan usaha agar masyarakat dapat memperoleh manfaat yang optimal.

    “Sebagai agen penggerak, sudah menjadi tugas kami untuk berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai pihak untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bank bjb akan menjadikan kesempatan ini sebagai ajang memberikan kontribusi dalam mengembangkan kemampuan masyarakat sehingga potensi ekonomi yang dimiliki dapat terkelola dengan lebih baik,” kata Widi.

    BACA JUGA: Bank bjb & Pemkot Bandung Latih Kompetensi Pelayanan Publik ASN

    Widi mengatakan, upaya ini juga merupakan bagian dari implementasi program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) bjb.

    Dalam pendampingan itu, bank bjb membagikan tips pentingnya kualitas, pengemasan, dan pemasaran. Pelaku usaha juga didorong memanfaatkan media sosial lebih optimal sebagaisarana promosi.

    Kuwu Desa Bakung Kidul Bambang Setiawan mengatakan, kondisi dan potensi ekonomi di desanya meliputi garapan lahan pertanian, makanan khas berupa tape ketan, budidaya jangkrik, serta industri berskala mikro yang bergerak di bidang pembuatan kerupuk.

    bjb juga akan bergerak memanfaatkan potensi dan peluang akselerasi inklusi keuangan melalui penyediaan fasilitas perbankan dalam bentuk pengajuan kerjasama agen bjbBiSA Laku Pandai oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BakungKidul.

    Upaya mendorong inklusivitas keuangan juga dilakukan bjb dengan mensosialisasikan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) kepada aparatur desa yang akan diselenggarakan pada 8 Oktober 2020.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img