spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Covid-19 Melonjak, Ini Pesan Jubir Gugus Tugas Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan Hasanudin mengelurkan imbauan keras untuk masyarakat menyusul melonjaknya kasus positif virus Corona di wilayahnya.

    Menurut dia, imbauan dan permintaan keras tersebut untuk mengantisipasi agar lonjakan kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya tidak semakin parah dan terus memakan korban jiwa.

    “Saya minta masyarakat Kota Tasikmalaya jangan bandel, harus waspada, tetap patuhi protokol kesehatan dalam setiap langkah dan gerak sehari-hari,” kata Ivan.

    Baca Juga: Dilaporkan Relawan Jokowi Bersatu, Najwa Shihab Siap Ikuti Proses Hukum

    Menghadapi pandemi Covid-19, lakukan pola hidup bersih dan sehat serta berdisiplin diri selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M).

    “Kita sangat prihatin dan sedih penyebaran virus Corona di wilayah Kota Tasikmalaya terus naik setiap hari. Kini sudah mencapai 50 kasus positif. Tolong mulai detik ini, warga harus berdisiplin diri demi memutus mata rantai penularan dan keselamatan jiwa bersama,” pinta Ivan yang juga Sekda Kota Tasikmalaya.

    Meski tiap hari terkonfirmasi positif virus Corona terus bertambah drastis, namun pihaknya belum berencana memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    “Kasus virus Corona masih bisa terkendali. Tingkat kesembuhannya pun tinggi sehingga belum perlu PSBB atau lockdown mini. Yang dilakukan saat ini adalah pemberlakuan jam malam sampai pukul 20.00 WIB sampai 12 Oktober 2020 mendatang,” ucap dia.

    Temuan kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya diketahui dari klaster keluarga, klaster perkantoran termasuk dari klaster pesantren. Dengan begitu, harus diwaspadai agar tidak semakin meluas.

    “Saya minta Satgas penanganan Covid-19 di tingkat RW, Kelurahan dan Kecamatan supaya bekerja keras untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di wilayah masing-masing,” pintanya.

    Ivan juga meminta masyarakat agar aktif periksa kesehatan ke tempat-tempat pelayanan kesehatan terdekat. Terlebih jika mengalami gejala-gejala seperti Covid-19.

    “Jika mengalami gejala seperti Covid-19, segera periksakan diri agar bisa terdeteksi dini sebelum menularkan ke orang lain. Kita pun saat ini terus melakukan tes terutama kepada mereka yang pernah kontak erat dengan pasien positif,” pungkasnya.

    Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Tasikmalaya hingga Selasa (6/10/2020) terdapat 258 pasien dan terdapat kenaikan dari hari sebelumnya yang hanya 227 pasien.

    (Seda/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img