spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Zumi Zola Terbaring Sakit Diabetes di Bui

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Terpinda korupsi Zumi Zola dikabarkan sakit didalam penjara dalam masa hukumanya, mantan Gubernur Jambi ini terjangkit penyakit diabetes.

    Mantan kuasa hukum Zumi Zola, Handika Honggowongso menjelaskan, penyakit diabetes yang diidap oleh Zola bukan penyakit baru yang diderita mantan aktor tersebut, namun sudah terjadi dari tahun 2007.

    Bahkan Diabetes yang dialami Zola saat ini dikabarkan sudah menggagu penglihatannya.

    Handikan mengatakan, pada saat dirinya mendampingi kasus Zola terkait tindak pidana gratifikasi, mantan kliennya itu sempat diperiksa oleh dokter Lapas Sukamiskin dan divonis mengalami penyakit diabetes.

    “Vonis diabetes itu sudah ada gejala-gela pada saat dirinya menjalani pendidikan S2 di Inggris, doker disana sudah memvonis Zumi Zola diabetes,” kata Handika dikutip kompas.com Senin (5/10/2020).

    Zumi Zola
    Zumi Zola (Web)

    BACA JUGA: Mengaku Telah Korupsi dan Siap Dihukum, Zumi Zola Menangis

    Handika mengaku, tidak pernah mendengar Zola mengalami gangguan penglihatan, namun dirinya mengetahui jika Zola pada saat di Sukamiskin mengalami penurunan kondisi tubuh yang sangat drastis.

    “Namun memang kata dokter bahwa diabetes itu mengganggu seluruh organ tubuh termasuk penglihatan,” katanya.

    Handikan juga menjelaskan, pada saat masih menjadi kuasa hukum Zola, kliennya itu mendapatkan izin untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan supaya diabetesnya tidak semakin parah.

    “Bahkan pada saat itu kami yang mendapingi Zumi Zola untuk periksa kesehataannya di RSPAD,” kata dia.

    Namun Handika juga mengaku, sempat beberapa kali bertemu dengan Zola, kondisinya sangat sehat. Bahkan kata dia, kondisi sehat itu keluar langsung dari mulut Zola.

    “Zola juga mengaku sering olahraga, mejaga pola makan dan rajin sembahyang selama menjalani hukuman, dan saya lihat sudah mulai bisa beradaptasi. Terlohat lebih santai dan segar serta membaik pada saat itu,” kata Handika.

    (Antik)

     

    Berita Terbaru

    spot_img