spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Jamin Air Bersih Cukup Hingga Kemarau

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat akan tetap aman dan mencukupi dalam memenuhi kebutuhan, untuk menghadapi musim kemarau nanti.

    Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jabar Agus Herlana mengatakan, sumber mata air PDAM Tirta Sukapura Cipondoh dan Cikawali yang dipakai untuk distribusi area regional masih aman dan stabil stok debit air di dua sumber mata air tersebut.

    “Sampai saat ini masih stabil dan normal tidak terjadi kekurangan debit,” kata  Agus di Kantor PDAM Tirta Sukapura, Jalan A.H. Nasution Kec.Mangkubumi Kota Tasikmalaya Jumat (18/09/2020).

    Dia menjelaskan, sumber air di Cipondoh dan Cikawali ini, untuk didistribusikan ke wilayah Singaparna, Mangunreja, Sariwangi, Manonjaya, Cibeureum, Kawalu Tasik Barat dan Tasik Timur.

    “Sejauh ini, distribusi ke wilayah ini masih lancar dan aman, walaupun saat ini sudah memasuki musim kering atau kemarau,” katanya.

    Menurutnya, stok debit yang tersedia di dua sumber tadi, diyakini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk empat bulan kedepan.

    “Kita sudah lakukan pengecekan beberapa hari lalu, stok air bersih di Cipondoh dan Cikawali masih normal dan stabil dan bahkan terjadi overflow atau banyak tersisa,” kata Agus.

    BACA JUGA: Ratusan Massa di Tasikmalaya Tolak Deklarasi KAMI

    Pihaknya mengimbau, masyarakat agar bijak menggunakan air, kendati ketersedian air masih aman hingga musim kemarau nanti.

    Sementara Kepala Bagian Umum PDAM Tirta Sukapura Aceng Ahdiat mengatakan, menghadapi Musim Kemarau sekarang, pihaknya pun mulai melakukan langkah-langkah antisipasi dengan mempersiapkan armada untuk pendistribusian.

    Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan BPBD Kota dan Kabupaten Tasikmalaya untuk membantu dalam pendistribusian air bersih ke sejumlah masyarakat yang sedang membutuhkan.

    “Musim kemarau ini, kita siap membantu menyediakan air bersih, dan kita sudah bekerjasama dengan pihak BPBD sebagai koordinator pendistribusiannya kepada masyarakat,” katanya.

    (Seda/Antik)

     

    Berita Terbaru

    spot_img