spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    BPBD: Ini Faktor Pemicu Banjir Sigi Sulteng

    SIGI,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng), Asrul mengatakan, bencana alam banjir dan longsor yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini akibat curah hujan yang cukup tinggi.

    Menurut dia, pemicu utama banjir di sejumlah wilayah di daerah disebabkan cuaca ekstrem. Selain hujan dengan intensitas tinggi juga disertai angin kencang.

    Baca Juga: PSBB 2 Berimbas pada Jam Operasional TransJakarta

    “Inilah yang memicu terjadinya banjir dan longsor di beberapa titik di Sigi,” kata Kepala BPBD Sigi, Kamis (17/9/2020).

    Faktor lainnya, wilayah permukiman penduduk sangat dekat dengan sungai, Sungai .yang berbatasan langsung dengan Kota Palu, Poso dan Donggala telah terjadi pendangkalan.

    Ketika hujan lebat, akhirnya air meluap ke permukiman penduduk dan lahan-lahan pertanian serta perkebunan yang ada di wilayah itu.

    Sebagai informasi, dalam beberapa pekan terakhir ini, terjadi bencana alam di sejumlah wilayah di Sigi. Seperti sebelumnya di Kecamatan Kulawi, Gumbasa, Sigibiromaru dan terakhir pada Senin (14/9/2020) malam banjir menerjang Desa Rogo di Kecamatan Dolo Selatan.

    Semua titik yang dilanda banjir terbilang cukup rawan, sehingga tidak heran jika wilayah-wilayah tersebut sering menjadi langganan banjir.

    Pemkab Sigi, telah melakukan berbagai upaya mencegah banjir dengan program normalisasi beberapa sungai yang selama ini sering banjir bandang.

    Ada tiga sungai besar di Sigi yang sedang dalam tahap normalisasi, termasuk diantaranya Sungai Bangga, Salua dan Poi.

    (Bambang/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img