Jumat 25 September 2020

PM Gatra: 3 Potensi yang Dimiliki Garut Utara

GARUT,FOKUSJabar.id: Secara marathon Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) terus bergerak melakukan sosialisasi kepada para tokoh. Hal itu dilakukan sebagai syarat administratif pengusungan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB).

Kali ini menggelar Musyawarah Desa (Musdes) bertempat di Aula Desa Sukalaksana, Senin (14/9/2020).

gatra fokusjabar.id
Musdes pembentukan CDOB Gatra

Ketua Umum (Ketum) PM Gatra, Holil Aksan Umar Zein mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Musdes.

Baca Juga: Uus Tertantang Perankan Tokoh Serius di “Dealova 2”

“Saya mendapat amanah dari rengrengan pengurus untuk mengusung pembentukan CDOB Kabupaten Garut Utara. Alhamdulillah, sudah hampir sembilan tahun, Kami bisa melaksanakan amanah dengan baik. Insya Allah hasil kerja keras akan terwujud. 1 Oktober 2020 mendatang akan diparipurnakan,” kata Holil.

“Kami berjuang di atas kepentingan masyarakat dan tidak nuansa politik. Ini murni aspirasi dari masyarakat Garut Utara. Berkat pengusungan ini, Saya bisa silaturahmi dengan stakeholder Pemda Garut, Pemprov Jabar, DPR RI, DPD RI dan tokoh-tokoh Nasional,” kata Holil.

Kenapa Kabupaten Garut harus dimekarkan,? menurut dia, karena ada ketimpangan keuangan dana pusat yang diberikan ke daerah. Dimana Provinsi Jabar sangat minim jika dibandingkan dengan provinsi lainnya (Jatim dan Jateng). Padahal jumlah penduduk Jawa Barat lebih banyak.

Ketua IPHI Jabar ini menyebut, terdapat tiga potensi strategis untuk wilayah utara Kabupaten Garut jika disahkan menjadi DOB Kanupaten Garut Utara.

  1. Potensi kawasan wisata bintang lima

Di sini banyak objek wisata yang bisa di jual ke dunia internasional. Diantaranya, Situ Bagendit, Candi Cangkuang, Makam Sunan Cipancar, Pemakaman Godog dan Curug Kancil. 

  1. Potensi Kawasan industri yang aman bencana

Ini akan menjadi nilai jual kepada investor untuk dapat menanamkan investasinya di wilayah Garut Utara.

  1. Garut Utara memiliki Panas Bumi dan Mineral

Tentunya panas bumi dan  mineral tersebut bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Garut Utara.

Camat Banyuresmi, Jujun Juhana mengatakan, CDOB Kabupaten Garut Utara untuk meningkatkan kesejahteraan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat menuju pemerintahan yang adil, makmur dan sejahtera serta Ridho Allah SWT.

“Kita harus punya keinginan untuk kemajuan pembangunan, lapangan pekerjaan, pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan peningkatan ekonomi rakyat. Solusinya pemekaran daerah,” kata Camat.

(Andian/Bambang)

Artikel Lainnya

Hobi Naik Gunung Bikin Orang Lupa Diri?

BANJAR,FOKUSJabar.id: Hobi naik gunung memang tidak bisa dianggap enteng,...

Ini Kata Febri Setelah Uji Coba versus Bandung United

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi mendapat banyak pelajaran dari pertandingan uji coba versus Bandung United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota...

Ini Regulasi Kompetisi Liga 1 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Regulasi kompetisi Liga 1 2020 telah diputuskan, ada sejumlah point yang disepakati oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) berserta tim peserta kompetisi. Hal tersebut...

Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Meningkat Drastis

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kasus penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya kini sangat memprihatinkan. Pasalnya pada awal September ini sudah mencapai 72 kasus, dengan penambahan sebanyak 24 kasus.  Kepala...

Sandiwara Kepala Toko Minimarket di Tasikmalaya Berakhir Penjara

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Satreskrim Polres Tasikmalaya mengamankan kepala toko minimarket di Kampung Cikembang, Desa Wargakerta, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (22/9/2020). Sebelum diciduk, pelaku bernama RJ (30)...

Rudy Nyatakan Kabupaten Garut Darurat Covid-19

GARUT,FOKUSJabar.id: Penyebaran virus Corona (Covid-19) terus mengalami peningkatan di Kabupaten Garut dalam per hari. Tercatat, pada hari ini, di satu kampung sebanyak 21 orang...

Ditemani Sule, Nathalie Holscher Putuskan Jadi Mualaf

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Nathalie Holscher dikabarkan telah memutuskan menjadi mualaf. Dj cantik ini ini mengucap dua kalimat syahadat pada Selasa (22/9/2020). Nathalie mengatakan, mantap mengucap syahadat tanpa...