Kamis 1 Oktober 2020

Facebook Kenalkan Facebook Campus, Ini Fitur Utamanya

AMERIKASERIKAT,FOKUSJabar.id: Facebook memperkenalkan Facebook Campus, ruang khusus yang dirancang untuk membantu mahasiswa terhubung dengan sesama teman sekelas melalui minat yang sama.

Facebook Campus memudahkan untuk menemukan dan memulai percakapan dalam komunitas kampus pengguna.

“Tahun ini, siswa menghadapi tantangan baru karena beberapa kampus beralih ke pembelajaran jarak jauh parsial atau sepenuhnya, jadi lebih penting dari sebelumnya untuk menemukan cara agar tetap terhubung dengan kehidupan kampus,” ujar Product Manager Facebook Campus, Charmaine Hung, Minggu (13/9/2020).

Kampus sebagai tempat untuk mencari teman, menemukan orang yang memiliki minat yang sama, dan menemukan peluang baru untuk terhubung. Mulai dari kelompok belajar, olahraga, dan banyak lagi.

Facebook sendiri dibuat Mark Zuckerberg awalnya merupakan jejaring untuk kampus. “Sekarang kami kembali ke awal dengan Facebook Campus untuk membantu siswa menjalin dan memelihara hubungan ini, meskipun mereka jauh dari perguruan tinggi,” Charmaine menambahkan.

BACA JUGA: Populer di Tahun 1990, Kini Sepeda BMX Hadir dengan Penggerak Listrik

Facebook Campus adalah bagian khusus dari aplikasi Facebook yang dirancang untuk mahasiswa. Dengan profil kampus yang berbeda dari profil Facebook utama mereka.

Untuk membuat profil, yang dibutuhkan siswa adalah email kuliah dan tahun angkatan. Informasi lain seperti jurusan, kelas, kota asal dan minor menjadi opsional.

Setelah profil disiapkan, siswa dapat menemukan Grup dan Acara yang unik untuk kampus mereka dan terhubung dengan teman sekelas yang memiliki minat yang sama. Saat konten dibagikan, hanya orang yang ada di dalam Kampus saja yang akan melihatnya.

Facebook Campus adalah ruang terverifikasi email perguruan tinggi yang dirancang bagi siswa untuk mendapatkan informasi terbaru dari teman sekelas, grup dan acara dalam umpan khusus perguruan tinggi.

Siswa dapat membuat kelompok belajar, merencanakan konser virtual atau meminta saran dengan Grup atau Acara khusus perguruan tinggi lewat fitur ‘Umpan Berita Khusus Kampus’.

Ada juga fitur ‘Direktori Kampus’ untuk mencari teman sekelas dan menemukan teman baru.

“Kami membuat direktori teman sekelas untuk memudahkan mencari dan bertemu orang baru. Seperti di masa-masa awal ketika Facebook adalah jaringan khusus perguruan tinggi, siswa dapat menemukan teman sekelas berdasarkan kelas, jurusan, tahun, dan lainnya,” kata Charmaine.

Fitur terakhir adalah ‘Obrolan Kampus’, yang menjadi ruang chat bagi siswa untuk mengobrol dengan teman satu asrama atau satu klub.

Facebook Campus telah bergulir ke sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat. Diantaranya Brown University, Johns Hopkins University, Florida International University, Georgia Southern University, dan New Jersey Institute of Technology.

Mahasiswa di perguruan tinggi tersebut sudah dapat menemukan Campus dalam aplikasi Facebook.

(Ageng/ANT)

Artikel Lainnya

Genjot Pemulihan Ekonomi, UMKM Juara Bank bjb Siapkan Wirausaha di Sukabumi

SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Bank bjb menggelar sosialisasi UMKM Juara agar Wirasusahawan...

Pelatih Persib Kecewa Liga 1 Tidak Diizinkan Digelar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai tidak adanya izin keramaian dari Kepolisian untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Tidak...

2 ASN di Kabupaten Tasikmalaya Terpapar Corona

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya terus bertambah. Pada Kamis (24/9/2020), dua Aparatur...

PTM di Kota Banjar Ditutup

BANJAR, FOKUSJabar.id: Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah sekolah di Kota Banjar, Jabar kembali ditutup dan kembali ke proses belajar daring. Penutupan PTM menyusul melonjaknya...

Apa itu Among Us? Dan Kenapa Menjadi Perbincangan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tahukah kalian akhir-akhir ini sering sekali terdengar nama among us. Lalu apa itu among us?. Ya , Among us itu game deduksi solusi...

Bank bjb Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang Sukabumi

SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Bank bjb menyalurkan bantuan kepada para warga terdampak yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi. Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto...

Covid-19 Meningkat, Pedagang di Banjar Meradang

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dengan terus meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Banjar berdampak terhadap perputaran ekonomi sejumlah pedagang.  Mereka sepi pengunjung sehingga keteteran dalam menjual barang dagangannya. Salah...