Jumat 25 September 2020

Lansia di Ciamis Masih Tinggal di Rumah Tidak Layak

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis masih benyak warga yang tinggal di rumah yang tidak layak huni, padahal setiap tahunnya ada anggaran untuk perbaikan rumah tidak layak huni. Salah satunya rumah milik Sutarsih di Dusun Nanggewer Desa Jelat Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kepala Dusun Nanggewer Dudung Ramdani mengatakan, warganya itu tinggal seorang diri di rumah non permanen yang kondisinya memprihatikan sudah reyot. Kata dia, Sutarsih tinggal sebatang kara ketika dirinya ditinggal meninggal oleh suaminya beberapa tahun lalu, nenek tua renta ini pun tidak memiliki anak.  

Dudung mengatakan, Sutarsih terpaksa tinggal dirumah yang kondisinya tidak layak huni tersebut karena tidak mempunyai biaya untuk memperbaiki atau membangun rumahnya itu karena kondisi perekonomianya morat- marit.

“Jangankan bisa memperbaiki rumahnya untuk makan sehari-haripun Nenek Sutarsih hanya mengandalkan pemberian para tetangganya yang peduli dengan kondisi Nenek Sutarsih itu,” katanya Sabtu, Sabtu (12/9/2020).

Dudung menuturkan, walaupun kondisi rumah maupun perekonomian Nenek Sutarsih sangat memprihatinkan sampai saat ini belum mendapatkan bantuan baik dari PKH maupun BPNT yang digulirkan pemerintah tersebut.

BACA JUGA: Ciamis Borong 3 Medali MTQ Tingkat Jabar

“Nenek Sutarsih sampai saat ini belum tersentuh bantuan dari pemerintah,” kata dia.

Dudung melanjutkan, melihat kondisi rumah dan kondisi perekonomian Nenek Sutarsih yang memprihatinkan itu kami harap pemerintah peduli dengan memberikan bantuan terhadapnya.

“Kami harap pemerintah maupun para dermawan peduli dengan kondisi Nenek Sutarsih dengan memberikan bantuan karena memang layak untuk mendapat bantuan,” kata dia.

Dudung menambahkan, melihat kondisi rumah Nenek Sutarsih yang sangat membahayakan bagi penghuninya warga masyarakat berinisiatif untuk memperbaikinya.

“Hari ini kami masyarakat disini sedang gotongroyong menebang pohon dan pada hari Rabu besok rencananya rumah Nenek Sutarsih akan diperbaiki dengan biaya swadaya,” katanya. 

(Husen Maharaja/Antik)

Artikel Lainnya

Kata Robert Alberts Soal Regulasi Lima Pergantian Pemain di Liga 1 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan tanggapan...

Ini Kondisi Henhen Jelang Kick Off Liga 1 2020

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Henhen Herdiana mengatakan kondisinya mengalami peningkatan dari fisik hingga mental bertanding menjelang kick off lanjutan kompetisi Liga 1...

Sebut ‘Virus Cina’, Trump Serang Xi Jinping di Sidang PBB

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menyerang Cina dalam pertemuan virtual Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya, Dia menyebut virus corona sebagai...

Diserang Covid-19 Dua Puskesmas di Banjar Ditutup

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dua BLUD Puskesmas di Kota Banjar ditutup sementara. Penutupan itu menyusul adanya tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua BLUD itu, yakni...

Lagi, Disdagin Kota Bandung Gelar Pelatihan Digital Marketing

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung kembali menggelar pelatihan optimalisasi digital marketing. Pelatihan yang digelar sejak tanggal 22 hingga 24 September itu...

3.233 Pegawai Pemkot Bandung Swab Test, 326 Positif Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, 3.233  Pegawai Pemkot Bandung telah selesai jalani uji usap. Hasilnya, jumlah pegawai yang positif...

Komunitas Skateboard Ciamis Minta Pemerintah Bangun Skatepark

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komunitas Skateboard Ciamis minta Pemerintah lebih peka memperhatikan fasilitas untuk aktivitas komunitas di Ciamis. Salah satunya fasilitas sketepark ataupun setidaknya obstakel untuk komunitas skateboard...