spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Hormati Sahabat, Van De Beek Kenakan Nomor 34 di MU

    BELANDA,FOKUSJabar.id: Gelandang anyar Manchester United (MU) Donny van de Beek akan mengenakan nomor 34. Ini dilakukan van de Beek sebagai penghormatan kepada mantan rekan satu timnya di Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri, yang mengalami kerusakan otak setelah serangan jantung pada 2017.

    Donny van de Beek diboyong MU dari Ajax dan dikontrak lima tahun. MU sendiri harus merogoh kocek 39 juta pounds atau setara Rp767,5 milyar untuk memboyong gelandang kelahiran 18 April 1997 dari Ajax Amsterdam. MU akan membayar 34,5 juta pounds di awal, dengan potensi tambahan sekitar 4,5 juta pounds.

    Sementara Nouri yang juga mengenakan nomor 34, membuat debut di tim senior pada musim 2016-2017.

    Namun karir Nouri berakhir prematur setelah mengalami serangan jantung dalam laga persahabatan pramusim di Austria. Meski sempat disadarkan di lapangan dan segera dibawa ke rumah sakit, Nouri mengalami kerusakan otak yang serius dan permanen.

    “Ini adalah hal spesial bagi saya karena sahabat baik saya Abdelhak Nouri,” kata van de Beek.

    BACA JUGA: Latihan di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Pingsan dan Cedera

    “Dia mengalami serangan jantung. Saya dekat sekali dengan keluarganya dan adiknya adalah salah satu sahabat dekat saya. Saya berbicara banyak dengan mereka. Jadi saya putuskan untuk mengenakan nomor lamanya di jersey saya dan ingin mendapatkan kenangan baik dengan nomor itu,” kata dia menambahkan.

    fokusjabar.id Donny van de Beek Abdelhak Nouri
    Donny van de Beek bersama rekannya di Ajax Amsterdam Abdelhak Nouri. (FOTO; WEB)

    Jebolan Ajax lainnya, Phillippe Sandler pun memilih nomor 34 setelah bergabung dengan Manchester City pada 2018.

    Pikiran van de Beek tidak pernah jauh dari bayangan Nouri. Termasuk saat mencetak gol pada menit ke-34 ketika Ajax menang melawan Juventus dalam Liga Champions tahun lalu, van de Beek pun memberikan penghormatan kepada sahabatnya.

    Ajax pun terus memberikan penghormatan kepada Nouri setelah insiden itu meski resmi membatalkan kontraknya Maret tahun ini.

    Media massa Belanda melaporkan, saat itu Ajax sudah berbicara dengan keluarga Nouri mengenai solusi masa depan sang pemain yang kemudian dipindahkan ke ruang khusus di rumahnya setelah beberapa tahun di rumah sakit.

    Selain van de Beek di MU dan Philippe Sandler di City, sejumlah pemain lain mengenakan nomor punggung 34 untuk menghormati Abdelhak Nouri. Yakni Justin Kluivert pada musim 2018/2019 di AS Roma, lalu Amin Younes di Napoli, serta Kevin Diks di Fiorentina.

     

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img