spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Tips Mengatur Keuangan untuk “Generasi Sandwich”

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mengatur keuangan untuk mempersiapkan dana pensiun harus dilakukan sedini mungkin. Berikut tips mengatur keuangan untuk generasi sandwich.

    Financial planner & educator, Aliyah Natasha mengatakan, pengeluaran untuk berobat dan perawatan kesehatan merupakan biaya paling besar menghabiskan aset serta harta untuk persiapan dana pensiun.

    Aliyah mengatakan, penting untuk generasi sandwich untuk memilih asuransi dengan cermat.

    “Jika anggota keluarga atau pencari nafkah jatuh sakit, maka asuransi akan berikan proteksi dengan menanggung biaya perawatan,” kata Aliyah, Senin (31/8/2020).

    BACA JUGA: Kenalkan Koleksi Masker, Mercedes-Benz Gandeng Supermodel

    Generasi sandwich adalah seseorang yang keberadaannya terhimpit antara membiayai kehidupan orangtua dan anak-anaknya. Maka sangat penting untuk membuat skala prioritas dan mengkomunikasikan level prioritas dengan jelas kepada seluruh anggota keluarga.

    Disiplin menabung juga tidak boleh dilupakan dalam mengatur keuangan. Penetapan level prioritas tersebut dapat membantu untuk mempersiapkan dana pensiun dan biaya tak terduga.

    “Kunci agar bisa menabung adalah spend less and save more. Tanamkan pola pikir bahwa cara terbaik hidup nyaman adalah dengan mempersiapkan tunai cadangan ekstra dan memiliki investasi sebagai bahan bakar untuk bertahan hidup sampai akhir hayat,” ujar Aliyah.

    Aliyah juga mengatakan generasi sandwich harus bisa menentukan gol finansialnya seperti membuat daftar untuk masa depan dan hal apa yang bisa dijadikan investasi jangka panjang.

    “Tiga tujuan pokok uang adalah untuk kebutuhan hari ini, besok, dan masa depan. Buat daftar detil tujuan hidup seiring dengan perkembangan hidup. Hal tersebut akan membantu dalam menentukan produk investasi yang cocok,” kata Aliyah.

    Hal terakhir yang harus diperhitungkan dalam mengatur keuangan adalah melek investasi. Selain menabung, investasi dapat memenuhi dana pensiun untuk masa depan, namun memilih investasi pun harus kritis agar tidak salah langkah atau tertipu.

    “Sebagai salah satu cara agar mengoptimalkan uang sembari melawan inflasi, buah dari investasi yang benar adalah return profit yang dapat mempercepat pencapaian gol finansial,” ujar Aliyah.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img