spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    RDT Gratis Dialihkan ke Puskesmas di Kota Banjar

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar mengalihkan pelaksanaan Rapid Diagnosis Test (RDT) gratis bagi masyarakat yang akan ke luar kota ke Puskesmas di Kota Banjar, Jawa Barat.

    Sebelumnya, pelaksanaan RDT gratis dilakukan secara rutin di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar pada setiap hari Rabu dalam delapan minggu atau dua bulan terakhir. Untuk kali ini pelaksanaanya akan dialihkan ke Puskesmas.

    Anggota tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr. Sari Wiharso mengatakan, pelaksanaan RDT pada Rabu (26/8/2020) kemarin menjadi pemeriksaan terakhir yang dilakukan di Pendopo Kota Banjar.

    “RDT gartis kemarin bagi masyarajat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota dan bagi yang mau melanjutkan sekolah menjadi yang terakhir sekaligus menghabiskan stok di Dinas Kesehatan Kota Banjar sebanyak 49 pemeriksaan,” ujar dr. Sari, Kamis (27/8/2020).

    Dengan berakhirnya pemeriksaan di Pendopo Kota Banjar, lanjut dia, pemeriksaan akan dipindahkan ke setiap Puskesmas dan masih bisa diikuti masyarakat yang akan bepergian ke luar kota.

    BACA JUGA: Pemkot Banjar Lakukan Rapid Test Kepada 115 ASN dan Sukwan, 1 Orang Reaktif

    “RDT gratis nanti akan dilaksanakan di puskesmas-puskesmas per wilayah kerja di Kota Banjar dengan menyasar kasus suspek, pusat keramaian, skrining di Balai Pengobatan yang diperkirakan ada kasus Covid-19,” kata dia.

    Dari informasi yang dihimpun FOKUSJabar, Pemkot Banjar sudah melakukan sebanyak 5.575 pemeriksaan RDT gratis bagi masyarakat. Dari pemeriksaan tersebut, sebanyak 120 reaktif Covid-19 dari Kota Banjar dan 36 orang reaktif Covid-19  berasal dari luar Kota Banjar.

    (Budiana/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img