spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    59 Perusahaan Taiwan Berpotensi Pindahkan Pabrik ke Indonesia

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, Sekitar 59 perusahaan Taiwan berpotensi memindahkan pabriknya ke Indonesia selama masa pandemi, Kamis (27/8/2020).

    “Dari 119 perusahaan asing yang berpotensi relokasi ke Indonesia, 59 di antaranya berasal dari Taiwan,” kata Wakil Kepala BKPM, Ikmal Lukman.

    Ikmal mengatakan dari total 119 perusahaan, potensi nilai investasi yang dapat dihimpun Indonesia mencapai 41,39 milyar dolar AS (sekitar Rp608 trilyun),

    Sejauh ini, tujuh perusahaan asing telah memindahkan pabriknya dari Cina ke Indonesia selama pandemi. Dari tujuh perusahaan itu, dua di antaranya berasal dari Taiwan, yaitu Kenda dan Meiloon.

    BACA JUGA: Mendag Luncurkan Indonesia Virtual Showcase di Singapura

    “Meiloon saat ini telah memulai usahanya di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dan presiden direktur Meiloon menyampaikan ini ke saya dia akan mengajak perusahaan Taiwan lainnya untuk merelokasi usahanya ke Indonesia,” kata Ikmal.

    Dalam sesi seminar yang sama, Wakil Ketua Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) Jakarta Peter Lan menyebutkan prospek kerja sama Indonesia dan Taiwan masih menjanjikan.

    Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu mitra penting Taiwan untuk menerapkan Kebijakan Baru ke Arah Selatan” (New Southbound Policy) yang diluncurkan oleh Tsai Ing-wen, orang nomor satu di Taiwan.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img