spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Soal Peraturan Impor, Ribuan Petani Tembakau akan Demo di Jakarta

    TEMANGGUNG,FOKUSJabar.id: Ribuan petani tembakau akan melakukan unjuk rasa di Jakarta untuk menuntut pengaturan impor tembakau pada pada 27 Agustus 2020.

    “Sekitar 2.000 orang dari teman-teman APTI bersama petani tembakau akan melakukan demo ke Jakarta untuk menagih janji Presiden berkaitan dengan pengaturan impor tembakau,” kata Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Agus Parmuji, Senin (24/8/2020).

    Agus Mengatakan, para petani menuntut dibatalkannya Keputusan Presiden nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN terkait kenaikan cukai setiap tahun.

    Ia mengatakan masing-masing kabupaten di Jawa Tengah dan daerah lainnya akan mengirimkan perwakilannya untuk demo di Jakarta.

    BACA JUGA: Polda Metro Jaya Lanjutkan Olah TKP Gedung Kejagung

    Sebelumnya, pada akhir Juli 2020 APTI Jateng juga melakukan aksi “Nagih janji Pak Jokowi” dan meminta pemerintah mengkaji ulang kebijakan yang tidak berpihak kepada industri hasil tembakau (IHT) karena bisa menyengsarakan petani.

    Ketua APTI Jawa Tengah Nurtantio Wisnu Broto mengatakan Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan cukup komprehensif, jangan ada revisi lagi.

    “Kami para petani tembakau masih butuh perlindungan, tolong impor tembakau dari luar negeri juga diatur. Jangan sampai membanjiri pasar nasional, karena kalau hal itu terjadi tentu harga tembakau petani dalam negeri akan jatuh,” katanya.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img