spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    BI Tasikmalaya Batasi Penukaran Uang Edisi Khusus HUT RI ke-75

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya menyediakan uang kertas pecahan Rp75 ribu edisi khusus HUT Kemerdekaan RI ke-75 untuk memenuhi permintaan masyarakat.

    Uang kertas dengan denominasi Rp75 ribu dikeluarkan Bank Indonesia (BI) secara terbatas, hanya 75 juta lembar. Uang edisi khusus HUT RI ke-75 itu sudah bisa dimiliki masyarakat luas dengan melakukan penukaran di Bank Indonesia setempat maupun sejumlah babak konvensional yang sudah ditunjuk BI melalui aplikasi sistem online.

    Kepala Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan, masyarakat yang mau memiliki uang kertas edisi khusus kemerdekaan RI ke-75 sudah dapat dilayani di berbagai kantor BI di berbagai wilayah di Indonesia.

    “Penukaran sudah kita layani, masyarakat yang mau menukarkan uang edisi kemerdekaan dapat mengakses aplikasi https://pintar.bi.go.id,” ujar Heru di Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya, Jalan Sutisna Senjata Kota Tasikmalaya, Selasa (18/8/2020).

    Untuk penukaran uang edisi kemerdekaan tersebut dilakukan dua periode. Periode pertama mulai 17 Agustus sampai dengan 30 September 2020, khusus di kantor BI di seluruh indonesia. Untuk periode kedua, mulai tanggal 1 Oktober 2020, dilakukan di lima bank konvensional yang sudah ditunjuk BI yakni BCA, Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga.

    “Untuk di BI Perwakilan Tasikmalaya, penukaran uang edisi khusus dibatasi. Per hari maksimal 150 penukar dan satu KTP hanya satu lembar uang edisi khusus,” kata dia.

    BACA JUGA: BPBD Kota Tasikmalaya Mulai Antisipasi Kekurangan Air

    Ditambahkan Heru, nilai edisi khusus Rp75 ribu sebagai wujud rasa syukur kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah berusia 75 tahun. “Uang pecahan khusus kemerdekaan ini, bisa dikatakan uang langka. Hanya dicetak BI terbatas, 75 juta lembar dan dicetak sekali dalam kurun waktu 25 tahun,” ujar Heru.

    Menurut Heru, antusias masyarakat untuk memiliki uang cetakan limited edition ini cukup tinggi. Sejak BI membuka layanan penukaran, sejumlah masyarakat terus memadati kantor-kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia.

    “Mungkin karena cetakan edisi spesial HUT Kemerdekaan RI ke-75 serta nominalnya sesuai dengan tahun kemerdekaan yakni Rp75 ribu dan dicetak hanya 75 juta lembar, jadi masyarakat merasa penasaran sehingga antusias untuk memiliki,” ujar dia.

    (Seda/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img