Minggu 27 September 2020

Kampung Kolecer Cisayong, Destinasi Wisata Baru di Tasikmalaya

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pengelola dan pemilik usaha homestay di wilayah Tasikmalaya mengunjungi kampung Kolecer di Desa/Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (13/8/2020).

Kunjungan ke Kampung Wisata Kolecer Cisayong untuk melihat secara dekat destinasi wisata baru di Kabupaten Tasikmalaya. Destinasi wisata baru ini sempat viral beberapa waktu lalu.

Kampung kolecer seluas areal sekitar 3,4 hektare ini memiliki keunikan tersendiri. Ratusan tiang baling-baling (kolecer) dengan berbagai ukuran dan bentuk unik menghiasi hampir seluruh area menjadi daya tarik tersendiri.

Kunjungan pengelola homestay ke Kampung Kolecer sebagai upaya membangun optimisme positif dunia pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya di tengah pandemi Covid-19. Sekaligus memastikan fasilitas homestay di Kampung Kolecer Cisayong aman dan nyaman bagi para wisatawan sebagai tempat menginap.

Koordinator Kunjungan wisata sekaligus Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya Budi Prayoga mengatakan, pengelola homestay harus memiliki pengetahuan terkait potensi wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Begitu pula terkait cara-cara pengelolaan homestay di destinasi wisata.

“Mereka harus memiliki kompetensi untuk membantu membangun dunia pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya dengan mengetahui objek-objek wisata yang memilki daya tarik bagi wisatawan. Termasuk pengetahuan dalam menyediakan serta mengelola homestay yang nyaman bagi wisatawan,” ujar Budi Prayoga, Kamis (13/8/2020).

Destinasi wisata Kampung Kolecer, diakui Budi, terbilang baru. Namun dengan bantuan para penggerak pariwisata, destinasi wisata ini akan semakin berkembang.

“Pengelola homestay menjadi salah satu bagian utama dalam meningkatkan potensi pariwisata dan kunjungan wisatawan ke objek wisata,” ujar dia.

BACA JUGA: Cisayong Diproyeksikan Jadi Desa Wisata Homestay

Menurutnya, ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata dipengaruhi berbagai faktor. Selain suasana yang indah, nyaman, aman, dan sehat juga fasilitas akomodasi seperti homestay.

“Homestay benar-benar bisa berkontribusi positif dalam meningkatkan animo wisatawan berkunjung ke objek-objek wisata termasuk meyakinkan kepercayaan masyarakat jika destinasi wisata tetap sehat dan aman dikunjungi meski di tengah pandemiini,” kata Budi.

Pengelola wisata Kampung Kolecer Cisayong Yaya Sonjaya mengatakan, wisatawan bisa menikmati suasana alam terbuka sambil menikmati putaran ratusan baling-baling unik di atas lahan pesawahan. Selain itu, wisatawan bisa menikmati berbagai jajanan lokal warga sekitar seperti bajigur, goreng singkong, gegetuk, rebus kacang dan batagor.

“Walau wisata Kampung Kolecer ini baru, namun kunjungan wisatawan mulai ramai terutama di akhir pekan. Alhamdulillah, ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Yaya.

(Seda/Ageng)

Artikel Lainnya

Saingi Gojek, Bos AirAsia Tony Fernandes Bikin SuperApp

JAKARTA,FOKUSJabar.id: CEO AirAsia Tony Fernandes dikabarkan sedang menyiapkan superapp...

Di Ciamis, 1 Hari 6 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kasus positif Covid-19 di kabupaten Ciamis terus meningkat, hari ini Senin (21/9/2020) dalam satu hari ada enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Juru Bicara...

Walau Bukan alat Pemeriksa Covid-19, Pemkot Banjar keluarkan 6.841 alat Rapid Test

BANJAR,FOKUSJabar.id: Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Agus Nugraha mengatakan Pemkot Banjar sudah melakukan pemeriksaan Rapid Test sebanyak 6.841 alat. Padahal menurut ahli, Rapid Test...

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 20A, Narzo 20, dan Narzo 20 Pro

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Realme mengumumkan ponsel terbaru seri Narzo yang terdiri dari tiga varian, yakni versi paling terjangkau Realme Narzo 20A, versi standar Narzo 20, hingga...

Banjir Bandang Sukabumi, 2 Warga Hanyut Ditemukan Meninggal Dunia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tiga kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jabar, terdampak bencana banjir bandang yang terjadi pada Senin (21/9/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Banjir akibat intensitas hujan...

PBNU: Pilkada Bisa Ditunda, tapi Keselamatan Nyawa Tidak

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj mengatakan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 bisa ditunda ditengah pandemi, Rabu (23/9/2020). Tetapi, keselamatan rakyat...

Ribuan Rutilahu di Ciamis Segera Diperbaiki

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jabar melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) segera merehabilitasi ribuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Menurut...