spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Manfaat Biji Nangka bagi Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Manfaat Biji nangka ternyata banyak sekali bagi kesehatan tubuh.

    Dibanding biji buah tropis lain, biji nangka mengandung aneka nutrisi. Dalam 28 gram biji nangka terdapat 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0,5 gram serat, juga vitamin dan mineral seperti vitamin B1 dan B2, magnesium serta fosfor.

    Berikut manfaat biji nangka:

    Menurunkan kolesterol
    Saat bermasalah dengan kadar kolesterol, Anda bisa mengandalkan manfaat biji nangka. Konsumsi biji nangka bisa menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan serat dan antioksidannya. Kadar kolesterol tinggi terutama pada kolesterol jahat (LDL) berhubungan dengan tekanan darah tinggi, diabetes dan peningkatan risiko penyakit jantung.

    Studi pada tikus menemukan, konsumsi lebih banyak biji nangka mampu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dibandingkan tikus yang mengonsumsi lebih sedikit. Karena studi masih sebatas pada hewan maka diperlukan studi lanjutan pada manusia.

    BACA JUGA: 8 Manfaat Pala untuk Kesehatan Kita

    Beberapa studi menyebut biji nangka berpotensi menyimpan komponen antikanker. Para peneliti meyakini hal ini karena kekayaan kandungan nutrisi dan antioksidan pada biji nangka. Biji nangka kaya akan antioksidan khususnya flavonoid, saponin dan fenolik.

    Melansir dari Healthline, studi menunjukkan komponen tumbuhan bisa membantu mengatasi inflamasi, meningkatkan sistem imun dan memperbaiki kerusakan DNA. Dalam sebuah studi tabung reaksi, peneliti menemukan ekstrak manfaat biji nangka mampu mengurangi pembentukan pembuluh darah kanker hingga 61 persen.

    Menyehatkan pencernaan
    Manfaat Biji nangka ternta berperan banyak dalam pengobatan tradisional khususnya untuk mengatasi diare atau konstipasi. Namun faktanya studi menunjukkan biji nangka ada kemungkinan memiliki komponen antimikroba.

    Sedangkan kandungan seratnya membuat biji nangka ampuh menyehatkan pencernaan. Serat pada biji nangka baik serat larut air maupun serat tidak larut air membantu menormalkan pergerakan usus, memperbaiki tekstur feses dan frekuensi buang air. Serat pun bermanfaat sebagai prebiotik atau makanan buat bakteri alami usus.

    Membantu pembentukan otot
    Kandungan protein pada biji nangka mampu membantu pembentukan otot tubuh. Namun Anda tidak bisa mengandalkan biji nangka sepenuhnya sebagai sumber protein utama.

    Biji nangka bisa Anda jadikan camilan berprotein dan dikonsumsi di sela makan besar. Protein pada biji nangka bisa menambah asupan protein selain dari yang Anda peroleh dari lauk pauk maupun susu.

    Mengatasi keriput
    Antioksidan dalam biji nangka dapat melawan radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini dan mengurangi keriput pada wajah.

    Anda hanya perlu menggiling biji nangka dan campur dengan susu hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada permukaan wajah secara teratur sekitar 1-2 kali per hari.

    Menyehatkan mata
    Biji nangka mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Gangguan fungsi mata pun dapat dicegah seperti rabun senja, bahkan penyakit mata seperti katarak.

    Meningkatkan kesuburan rambut
    Paduan vitamin A dan protein dalam biji nangka dapat menyehatkan rambut. Selain itu, kandungan zat besi juga akan meningkatkan aliran darah menuju kulit kepala sehingga rambut tumbuh dengan sehat.

    Biji nangka pun diketahui mampu mengurangi stres berkat kandungan protein dan mikronutrisi. Hal ini pun dapat membawa dampak baik bagi rambut karena stres berkurang maka rambut rontok pun dapat dicegah.

    Lawan anemia
    Manfaat biji nangka yang kerap tidak disadari adalah melawan anemia.

    Mengapa? Biji nangka kaya akan kandungan zat besi. Zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin.

    Melansir dari Stylecraze, asupan zat besi yang cukup bisa mengatasi anemia dan mencegah beberapa gangguan pada darah. Selain itu zat besi meningkatkan pembentuk sel darah merah sehingga mampu meningkatkan sistem imun dan menjaga tubuh dari serangan penyakit.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img